News

SMPN 15 Raih Prestasi Adiwiyata Tingkat Provinsi

Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 15 Purworejo meraih prestasi sebagai sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah. Bahkan SMPN 15 Purworejo pada 2019 ini merupakan satu-satunya sekolah tingkat SMP di Purworejo yang berhasil meraih prestasi Adiwiyata.

Prestasi itu ditandai dengan penyerahan piagam penghargaan oleh  Ir Teguh Dwi Paryono MT selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Provinsi Jawa Tengah yang langsung diterima Kepala Sekolah SMPN 15 Purworejo Dwi Retno Untari SPd di Gedung Sasana Wiyata Praja Semarang, pada pertengahan September lalu.

Dwi Retno Untari SPd mengatakan, salah satu yang menjadi prioritas yakni pembentukan karakter siswa dan warga sekolah di SMP Negeri 15 Purworejo untuk menjadi Sekolah Adiwiyata. Selain itu juga pembenahan fisik lingkungan sekolah. Seperti pentingnya pendidikan karakter anak dalam hal kebersihan, akhlaq, kebiasaan hidup sehat, mandiri, dan kedisiplinan akan terbentuk dengan semakin baik.

Menurut Retno, untuk mewujudkan sebagai Sekolah Adiwiyata, sekolah harus diawali dengan kurikulum dalam program Adiwiyata dan dapat menyelesaikan masalah lingkungan melalui kajian lingkungan. Dengan penetapan sebagai Sekolah Adiwiyata ini diharapkan bisa memberi kesadaran bagi warga sekolah dan lingkungan sekitar agar bisa peduli menjaga dan melestarikan lingkungan. “Alhamdulillah tingkat SMP di Purworejo yang meraih hanya SMPN 15 Purworejo. Sedangkan yang juga menerima penghargaan di Semarang yakni 4 sekolah SD dan Sekolah MAN Purworejo,” jelasnya.

Dikatakan, keberhasilan SMPN 15 Purworejo menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah ini, tentu berkat kerjasama semua warga sekolah. Meliputi guru, karyawan, siswa, orang tua siswa, dan komite. Selain itu juga berkat dukungan dari Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dindikpora) serta Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Purworejo.

Upaya SMPN 15 Purworejo untuk menjadi Sekolah Adiwiyata tingkat provinsi melalui perjalanan cukup panjang. Yakni dimulai dari tahun 2016-2017 berupa pembenahan-pembenahan fisik sekolah, kebersihan, keindahan, kerindangan dan juga pembinaan karakter anak untuk dapat melakukan pembiasaan-pembiasaan yang baik.

Kemudian lanjut Retno, pada tahun 2018 SMPN 15 Purworejo bersiap untuk ajang Adiwiyata tingkat Kabupaten Purworejo dan dinyatakan lolos sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Kabupaten Purworejo. Setelah itu, SMPN 15 Purworejo ikut dalam ajang Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah dan akhirnya dilakukan verivikasi lapangan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah dan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Tengah pada 16 April 2019.

“Proses selama hampir 4 tahun itu, Alhamdulillah SMPN 15 Purworejo bisa meraih penghargaan sebagai Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Jawa Tengah.  Kami juga bersiap untuk maju ditingkat nasional pada 2020 mendatang. Dengan dukungan semua warga SMPN 15, tentu sangat membawa pengaruh keberhasilan dalam mempertahankan sekolah Adiwiyata, dan harapannya pada tingkat nasional akan dapat meraih prestasi,” tutur Retno.

Sedangkan untuk jumlah siswa siswi SMPN 15 mencapai 480 dengan jumlah guru dan karyawan karyawati sebanyak 40 orang. “Kami menerapkan pembiasan di sekolah, misalnya anak membeli jajan yang bersih, lalu kantin sekolah tidak menggunakan plastik, membuang sampah pada tempatnya, dll. Pembiasaan ini juga kita pantau ketika siswa siswi di rumah, melalui Washap grup wali murid,” kata Retno Untari.

 

 

Berita Terpopuler

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco
News

Wabup Respon Bantuan Mesin Rem PT Chemco

Kamis, 19 September 2019

pemerintahan


Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44
News

Bupati Hadiri HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44

Selasa, 01 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM hadir dalam peringatan HUT SMP Negeri 8 Purworejo yang ke 44, Se....


Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan
News

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan

Rabu, 09 2019

Festival Budaya Lokal, Kemasan Baru Merti Desa Kemanukan