News

HUT PMI Diisi Berbagai Kegiatan

HUT ke 74 Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Purworejo diisi dengan berbagai kegiatan. Antara lain membantu air bersih, upacara, tasyakuran, dll. Bertindak sebagai inspektur upacara Wakil Bupati Purworejo yang sekaligus sebagai Ketua PMI. Upacara dilaksanakan dihalaman Markas PMI kabupaten Purworejo pada Senin (16/9).

Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengatakan, PMI telah memasuki usia ke 74 tentu PMI harus semakin bermanfaat bagi masyarakat terutama terkait bantuan kemanusiaan. PMI sebagai satu-satunya perhimpunan nasional di Indonesia yang menjelma menjadi kekuatan dalam menggalang semangat berkarya dalam kegiatan pelayanan kemanusiaan. Juga mendorong dan memberdayakan masyarakat agar tetap berpegang teguh pada tujuh prinsip dasar Gerakan Internasional Palang Merah yakni kemanusiaan, kesamaan, kesukarelaan, kemandirian, kesatuan, kenetralan, dan kesemestaan.

“Sebagaimana tema hari palang merah tahun 2019 saat ini “ Kita Tangguh, Indonesia Maju”. Disamping itu PMI juga harus mampu membangun organisasi dan SDMnya supaya mampu menghadapi berbagai tantangan maupun bencana. Terus mengedepankan berbagai kegiatan seperti peduli tanggap bencana bersama masyarakat,” tutur Yuli Hastuti.

Menurutnya, PMI kabupaten Purworejo telah melaksanakan peran penting dalam penanggulangan korban bencana alam. Maka diharapkan peran ini dapat lebih ditingkatkan lagi, sehingga mampu besinergi dengan instansi lain dalam memberi pertolongan secara optimal maupun menangani setiap bencana yang kemungkinan akan terjadi.

 Untuk itu PMI lnajut Yuli hastuti,  harus membangun kemampuan organisasi dan SDM nya sehingga semakin tangguh dan siap untuk mengatasi segala kesulitan.  Ketangguhan berbasis masyarakat yang harus terus senantiasa kita perkuat. PMI harus terus meningkatkan dan mempererat kerja sama dengan para mitra, pemangku kepentingan, lembaga lintas sektoral, untuk kerja sama membangun masyarakat menjadi tangguh sehingga dicintai masyarakat.

Sementara itu Kepala Markas PMI Purworejo Supangkat SE mengatakan, kegiatan dalam rangka HUT PMI seperti bantuan air bersih sudah disalurkan untuk 22 desa yang rawan kekeringan. Terutama menyalurkan air bersih untuk desa di Kabupaten Purworejo yang mengalami kesulitan air bersih. PMI telah menyalurkan bantuan air bersih sebanyak 64 tanki. “Bantuan air bersih sudah disalurkan sejak awal musim kemarau pada pertengaan bulan Juli. Sejak adanya warga yang mengalami kesulitan air bersih kita langsung bergerak untuk memberikan bantuan, sehingga manfaatnya bisa dirasakan masyarakat,” ujarnya.

Pada kegiatan upacara tersebut dilanjutkan tasyakutan dengan pemotongan tumpeng yang dilakukan Yuli Hastuti dan diserahkan kepada salah satu pendonor darah yang sudah lebih 100 kali berdonor. Kegiatan upacara dan tasyakuran diikuti semua Ketua PMI Kecamatan, pengurus PMI, PMR, dan lembaga terkait.  

Berita Terpopuler

Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo
News

Bupati Lantik 180 Pejabat Pemkab Purworejo

Jumat, 03 Januari 2020

Mengawali tahun baru 2020, Pemkab Purworejo terus membenahi stuktur Organisasi Perangkat Daerah di L....


Camat dan Kades Diminta Sukseskan PTSL 2020
News

Camat dan Kades Diminta Sukseskan PTSL 2020

Jumat, 27 Desember 2019

pemerintahan


Malam Tahun Baru, Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Sapa Masyarakat Lebih Dekat
News

Malam Tahun Baru, Bupati dan Wakil Bupati Purworejo Sapa Masyarakat Lebih Dekat

Kamis, 02 Januari 2020

Perayaan malam tahun baru 2020, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM beserta Wakil Bupati Yuli Hastut....