News

Saba Desa Keburuhan, Bupati Ikuti Kenduri Agung

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM bersama Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SE MM beserta seluruh Pimpinan OPD Pemkab Purworejo, hadir di Desa Keburuhan, Kecamatan Ngombol dalam rangka Bupati Saba Desa, Selasa (17/9) hingga Rabu (18/9).

Sebelum menuju Desa Keburuhan, bupati menyempatkan diri mengunjungi Desa Sruwoh untuk meresmikan Gedung Paud Pangudi Luhur di Desa Sruwoh serta peletakan batu pertama pembangunan rest area di Desa Depokrejo.

Pad kunjungannya itu, bupati dan rombongan sempat mengikuti Kenduri Agung dalam rangka merti desa, Selasa (17/9) malam di Halaman Balai Desa Keburuhan. Bupati mendapat kehormatan untuk memotong tumpeng dan memberikannya kepada Kepala Desa Keburuhan.

Kepala Desa Keburuhan Trubus menjelaskan, kenduri agung tersebut rutin digelar setiap tahun usai dilakukan panen. Kenduri agung tersebut merupakan wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, atas limpahan rejekinya melalui hasil panen yang melimpah.

Usai mengikuti kenduri agung, kegiatan bupati dilanjutkan dengan pelepasan lampion dan sarasehan dengan tema kearifan budaya lokal menyongsong romansa 2020.

Pada malam tersebut juga digelar hiburan wayang kulit semalam suntuk menghadirkan Ki Dalang Bambang Wiji Nugroho, dengan lakon Cupu Manik Imandoyo.

“Mudah-mudahan selamatan agung merti desa terus tetap dilestarikan. Karena suatu saat akan disaksikan para wisatawan. Nanti bisa duduk-duduk bersama melakukan ritual selamatan,” kata Bupati.

Menurut Bupati, dengan kegiatan Bupati Saba Desa tersebut dirinya menjadi tahu kondisi rakyat secara langsung dan mengetahui apa yang dibutuhkan oleh warga Desa Keburuhan. Sehingga ketika pemda membuat program untuk masyarakat, sesuai dengan yang dibutuhkan.

“Kita hadir agar lebih dekat dengan masyarakat, dan mengetahui apa yang dibutuhkan desa,” terangnya.

Bupati juga mengatakan jika kedepan di Desa Keburuhun dimungkinkan akan dibangun pelabuhan laut dalam. Jika melihat sejarah, dahulu di Desa Keburuhan juga terdapat pelabuhan. 

“Bukan tidak mungkin desa keburuhan akan dibangun pelabuhan laut dalam. Jika benar dibangun lengkap sudah Kabupaten Purworejo jadi kota yang maju. Kita semua harus siap dengan perubahan yang cepat,” imbuhnya.

Kegiatan Bupati Saba Desa di Desa Keburuhan diakhiri Rabu (18/9) pagi, dengan diadakan kegiatan jalan sehat, penanaman bibit dan tebar benih ikan serta senam massal.

Berita Terpopuler

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo
News

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo

Rabu, 06 November 2019

Hari Pahlawan tingkat Jateng dipusatkan di Purworejo


Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....