News

Siswi SMKN 3 Purworejo Wakili Jateng Berlomba di Ajang FLS2N

Lima siswi SMKN 3 Purworejo mewakil Provinsi Jawa Tengah mengikuti Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) ke-16 tahun 2019 di Provinsi Lampung 16 - 21 September 2019. Hal itu diketahui saat mereka bertemu dengan Bupati Purworejo di Ruang Kerja Bupati untuk berpamitan, Rabu (11/9).

Kelima siswi tersebut yakni Dewi Mahardika (XI Tata Boga), Aprilia Maya Adisty (XI Tata Busana), Yessica Serly Windasari (Tata Busana), Dwi Aryani ( XI Tata Busana) dan Wuri Listiani (Tata Busana). Kelima siswa itu akan didampingi dua guru penamping Tri Handayani SPd MPd dan  Drs Indriati Agung Rahayu MPd selaku Kepala Sekolah SMKN 3 Purworejo.

“Kami datang meminta doa restu kepada Bupati Purworejo untuk berangkat mengikuti FLS2N Tingkat Nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah. Dalam ajang tersebut, kami akan menampilkan tari tradisional yang mengangkat asal-usul Desa Dewi,” terang Indriati AR usai bertemu Bupati.

Pada awalnya, SMKN 3 Purworejo mewakili Purworejo untuk maju ke dinas cabang pendidikan wilayah delapan yang meliputi Kabupaten/Kota Magelang, Temanggung, Purworejo dan meraih juara satu. Kemudian mewakili cabang dinas maju ketingkat Provinsi dan meraih juara tiga.

“Sebenarnya kami juara ketiga, tetapi karena juara satu dan dua adalah SMK seni, maka SMKN 3 Purworejo menjadi urutan pertama sebagai SMK non seni yang berhak mewakili Provinsi Jawa Tengah,” jelasnya.

Diceritakan Indri, tarian asal-usul Desa Dewi bercerita tetang peperangan yang dahulu terjadi antara kerajaan Mataram dan kerajaan Pajang. Ada seorang putri raja di desa, yang berhasil membimbing warganya hingga menghasilkan padi yang baik dan memenangkan sebuah sayembara. Sehingga pada akhirnya desa tersebut dinamakan Desa Dewi dan padinya juga dinamakan padi Dewi.

Indri menambahkan, kelima siswanya telah melakukan berbagai persiapan untuk mengikuti ajang nasioanl ini. Mereka telah mendampatkan bimbingan dibawah guru pembimbing dan mbak Melani dari sanggar tari Prigel.

“Harapannya anak-anak bisa tampil baik seperti pada saat latihan dan semoga bisa juara,” harapnya.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM saat memberikan arahan berharap, para siswa yang mewakili Kabupaten Purworejo itu akan mampu menampilkan tarian dengan bagus. Diharapkan tarian yang disuguhkan akan memukau para juri dan penonton, sehingga akhirnya dapat menjadi juara di ajang tersebut.

“Purworejo yang sekarang semakin cantik seperti Dewi. Diharapkan melalui tarian ini juga akan memberikan gambaran tentang bagaimana keadaan Purworejo saat ini,” kata Bupati.

 

Berita Terpopuler

Tak Benar, Berita GTT Bergaji Rp 200 Ribu
News

Tak Benar, Berita GTT Bergaji Rp 200 Ribu

Kamis, 11 Juni 2020

Honor GTT Terendah Rp 600 ribu


Purworejo Bersiap Memasuki Aktifitas New Habit
News

Purworejo Bersiap Memasuki Aktifitas New Habit

Rabu, 10 Juni 2020

Pemkab Purworejo segera akan mengakhiri masa tanggap darurat Covid-19 pada 12 Juni 2020.


Positif Tambah Satu, Sembuh tambah Satu dan Dirawat Nihil
News

Positif Tambah Satu, Sembuh tambah Satu dan Dirawat Nihil

Kamis, 11 Juni 2020

Sehari pasca pernyataan pengakhiran masa tanggap darurat Covid-19, muncul kembali 1 kasus positif Co....