Seputar Sosial Budaya

Gelar Merti Desa, Desa Kedungpucung Uri-uri Budaya Leluhur

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM menghadiri Pengajian akbar dalam rangka Merti Desa Kedungpucang Kecamatan Bener Purworejo, Senin (2/9). Hadir Wakil Gubernur Jawa Tengah diwakili oleh Kepala Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Ir Sugeng Riyanto MSc.

Wakil Gubernur Jawa Tengah dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Dispermasdesdukcapil Sugeng Riyanto mengatakan, kegiatan yang positif sekaligus untuk memantabkan jati diri budaya anak bangsa. Wagub berharap kegiatan merti desa didesa Kedungpucung ini menjadi wacana bagi desa lain di Jawa Tengah dalam rangka uri uri budaya jawa tengah.

Wagub juga percaya, semakin kreatif dalam mengelola gelaran merti desa maka akan mengurangi angka kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Bupati Agus Bastian berharap dengan diadakannya pengajian ini menjadi ajang silaturahim dan bentuk rasa syukur, sekaligus untuk melestarikan budaya leluhur.

"Saya senang sekali bertemu bapak dan ibu dan semua masyarakat yang sudah lama tidak bertemu, pengajian ini menjadi ajang silaturahmi bagi warga masyarakat," kata Bupati.

Menurutnya, merti desa merupakan wujud syukur atas nikmat yang telah diberikan bumi. Bupati berharap merti desa ini kedepan dapat digelar lebih besar lagi. Sehingga masyarakat mengikuti pengajian dapat lebih banyak.

"Merti desa disini berbeda dengan yang dilakukan desa lain. Bentuknya selamatan, menyesuikan dengan kondisi disini yakni dalam bentuk pengajian. ini sangat baik sekali,” imbuh Bupati.

Sementara itu Kepala Desa Kedungpucang M Nur Agus menjelaskan jika dahulu menurut riwayatnya, merti desa setiap tahun selalu diadakan pada bulan sapar dengan menggelar wayangan. Sehingga warga juga mempunyai cita-cita mengadakan pengajian dibulan syuro.

"Mudah2 pengajan ini akan berlangsung terus setiap tahun, dan warga dapat istiqomah dalam menggelar pengajian," harapnya.

Pada merti desa itu, ribuan besek atau berkat dibagikan bagi masyarakat yang hadir memenuhi halaman balai desa setempat. Tausiah diisi oleh Pengasuh Ponpes An Nawawi Berjan KH Ahmad Chalwani Nawawi.

Berita Terpopuler

Kirab Budaya, Nguri-Nguri Seni dan Budaya
Seputar Sosial Budaya

Kirab Budaya, Nguri-Nguri Seni dan Budaya

Senin, 09 Maret 2020

Pemkab Purworejo menggelar parade budaya dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi ke-189 Kabupaten Purwo....


Bupati Resmikan Masjid At-Taqwa Kaliwatubumi
Seputar Sosial Budaya

Bupati Resmikan Masjid At-Taqwa Kaliwatubumi

Senin, 16 Maret 2020

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM meresmikan Masjid At Taqwa Desa Kaliwatubumi Kecamatan Butuh, Mi....