Berita Purworejo

Presiden RI Apresiasi Wayang Kulit Dalang Perempuan

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi dalang perempuan Nyi Dwi Puspita Ningrum asal kabupaten Purworejo, yang tampil dalam pagelaran Wayang Kulit di Alun-alun Purworejo. Dalang perempuan dari Sanggar Puspita Laras Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo itu, diapresiasi Presiden yang secara langsung Presiden menyaksikan langsung pagelaran wayang kulit dengan Lakon “Gathutkaca Winisuda” pada Kamis malam (29/8).

Presiden juga didampingi Ibu Negara Iriana, menteri perhubungan, menteri pariwisata dan kebudayaan, Gubernur Jawa Tengah dan pejabat Pemprov Jateng, Bupati Agus Bastian SE MM, beserta Forkopimda. Jokowi tampak terhibur menyaksikan pertunjukan selama lebih kurang 3 jam. Sebelum wayang digelar, secara simbolis Jokowi memberikan tokoh wayang Gathutkaca kepada dalang.

Ribuan warga Purworejo antusias berdatangan ke alun-alun, selain ingin menyaksikan langsung kedatangan Presiden, juga sekaligus menyaksikan pagelaran wayang yang dipadu dengan tampilnya penyanyi campursari Didi Kempot dan pelawak Kirun. Bahkan, kemampuan melawak Kirun berkolaborasi dengan lagu-lagu Didi Kempot, membuat Jokowi terlihat beberapa kali tertawa terpingkal-pingkal.

Bupati dalam sambutannya sebelum pementasan wayang menyampaikan terima kasih kepada Jokowi yang telah berkunjung ke Purworejo. Ucapan terima kasih juga disampaikan karena pemerintah telah membangun Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo yang lokasinya berdekatan dengan Purworejo. “Dengan adanya Bandara YIA, terima kasih Pak Jokowi, karena bisa ikut memajukan Purworejo. Termasuk akan dibangunnya Bendungan Bener,” ujarnya.

Sementara itu ribuan warga berjajar di bahu jalan depan Pendopo Kabupaten dan berkerumun di sekitar kawasan Monumen 05 Tahoen Merdeka sejak pukul 19.00 WIB menyambut kehadiran Presiden. Seperti terlihat Jokowi dengan sampiran jaket merah ditangan kirinya, turun dari mobil langsung menyalami warga yang terus berteriak mengelu-elukan Jokowi, meski dengan pengawalan Paspampres yang super ketat.

Bahkan hingga semakin malam masyarakat terus berdatangan. Sekitar pukul 23.00 WIB, saat Jokowi bersama rombongan keluar lokasi, warga langsung mendekati Jokowi untuk sekadar menyapa, berfoto, atau bersalaman. Sebelum memasuki area wayang kulit, Jokowi menggelar konferensi pers terkait keamanan Papua.

Pada kesempatan itu Presiden juga membagikan beberapa kaos warna hitam dan sejumlah  buku tulis kepada warga yang beruntung. Jokowi juga menghadiahi sebuah sepeda warna hitam merah yang diberikan untuk putri pertama dari Nyi dalang Puspita.     

 

 

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan
Berita Purworejo

Pemkab Purworejo Gelar Bazar Pangan Ramadhan di 15 Kecamatan

Selasa, 26 Maret 2024

Desa Pogungjurutengah Kecamatan Bayan menjadi desa pertama yang menjadi lokasi kegiatan Bazar Pangan....