News

Presiden RI Apresiasi Wayang Kulit Dalang Perempuan

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasi dalang perempuan Nyi Dwi Puspita Ningrum asal kabupaten Purworejo, yang tampil dalam pagelaran Wayang Kulit di Alun-alun Purworejo. Dalang perempuan dari Sanggar Puspita Laras Kecamatan Bruno Kabupaten Purworejo itu, diapresiasi Presiden yang secara langsung Presiden menyaksikan langsung pagelaran wayang kulit dengan Lakon “Gathutkaca Winisuda” pada Kamis malam (29/8).

Presiden juga didampingi Ibu Negara Iriana, menteri perhubungan, menteri pariwisata dan kebudayaan, Gubernur Jawa Tengah dan pejabat Pemprov Jateng, Bupati Agus Bastian SE MM, beserta Forkopimda. Jokowi tampak terhibur menyaksikan pertunjukan selama lebih kurang 3 jam. Sebelum wayang digelar, secara simbolis Jokowi memberikan tokoh wayang Gathutkaca kepada dalang.

Ribuan warga Purworejo antusias berdatangan ke alun-alun, selain ingin menyaksikan langsung kedatangan Presiden, juga sekaligus menyaksikan pagelaran wayang yang dipadu dengan tampilnya penyanyi campursari Didi Kempot dan pelawak Kirun. Bahkan, kemampuan melawak Kirun berkolaborasi dengan lagu-lagu Didi Kempot, membuat Jokowi terlihat beberapa kali tertawa terpingkal-pingkal.

Bupati dalam sambutannya sebelum pementasan wayang menyampaikan terima kasih kepada Jokowi yang telah berkunjung ke Purworejo. Ucapan terima kasih juga disampaikan karena pemerintah telah membangun Yogyakarta International Airport (YIA) di Kabupaten Kulon Progo yang lokasinya berdekatan dengan Purworejo. “Dengan adanya Bandara YIA, terima kasih Pak Jokowi, karena bisa ikut memajukan Purworejo. Termasuk akan dibangunnya Bendungan Bener,” ujarnya.

Sementara itu ribuan warga berjajar di bahu jalan depan Pendopo Kabupaten dan berkerumun di sekitar kawasan Monumen 05 Tahoen Merdeka sejak pukul 19.00 WIB menyambut kehadiran Presiden. Seperti terlihat Jokowi dengan sampiran jaket merah ditangan kirinya, turun dari mobil langsung menyalami warga yang terus berteriak mengelu-elukan Jokowi, meski dengan pengawalan Paspampres yang super ketat.

Bahkan hingga semakin malam masyarakat terus berdatangan. Sekitar pukul 23.00 WIB, saat Jokowi bersama rombongan keluar lokasi, warga langsung mendekati Jokowi untuk sekadar menyapa, berfoto, atau bersalaman. Sebelum memasuki area wayang kulit, Jokowi menggelar konferensi pers terkait keamanan Papua.

Pada kesempatan itu Presiden juga membagikan beberapa kaos warna hitam dan sejumlah  buku tulis kepada warga yang beruntung. Jokowi juga menghadiahi sebuah sepeda warna hitam merah yang diberikan untuk putri pertama dari Nyi dalang Puspita.     

 

 

Berita Terpopuler

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....


Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan
News

Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan

Jumat, 22 November 2019

Saba Desa di Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Purworejo, Rabu (20/11/2019), Bupati Purworejo Agus Bas....