News

Desa Tlogorejo Bantu PKK Rp 56 Juta

 Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Ny Fatimah Verena Prihastyari Agus Bastian SE menyambut positif Pemerintah Desa Tlogorejo Kecamatan Purwodadi yang telah memperhatikan TP PKK desa dengan menganggarkan sebesar Rp.56 juta untuk mendukung kegiatan PKK. Dengan anggaran ini, tentu PKK desa bisa lebih meningkat dalam memberdayakan kesejahteraan keluarga  anggota PKK hingga ditingkat dasa wisma.

            Ungkapan itu disampaikan Ny Fatimah pada kegiatan evaluasi 10 program pokok PKK tingkat Kabupaten Purworejo  di Desa Tlogorejo, Rabu (31/7). Hadir pula Forkopimcam, Ketua TP PKK Kecamatan Ny Hery Raharjo, Kepala Desa Tlogorejo Kastomo, Ketua PKK desa Ny Arum dan sejumlah pengutus PKK.

            Lebih lanjut Ny Fatimah mengatakan, bantuan tidak serta merta datang dengan sendirinya tetapi ada upaya dan aktif dari pengurus PKK desa untuk menyampaikan rencana yang dituangkan dalam program kerja. “Juga sampaikan argumentasi yang realistis dan harus bertanggungjawab dalam merealisasikan program kegiatan. Apalagi peran PKK memang tidak diragukan lagi, dalam ikut membangun SDM masyarakat melalui berbagai kegiatan PKK,” tuturnya.

            Harapannya kata Ny Fatimah, tidak hanya Desa Tlogorejo yang memberikan dukungan anggaran yang memadai, tetapi bisa merambah di desa-desa yang lain. Karena masih ada desa yang menganggarkan PKK sekitar Rp.5 juta hingga Rp.7 juta. Tentu pemerintahan desa dapat mulai memperhatikan keberadaan PKK, sehingga dapat beriringan mengingat PKK sebagai mitra pemerintah yang turut mensukseskan program-program pemerintah.

            Terkait evaluasi PKK Ny Fatimah mengatakan, tujuannya untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan 10 program PKK di desa, utamanya dalam memberdayakan masyarakat menjadi keluarga-keluarga mandiri sejahtera. Ada 6 desa yang masuk nominasi, setelah dilakukan penilaian melalui pengirimian quesioner. Antara lain Desa Tlogorejo Kecamatan Purwodadi, Bleber Bener, Sidomulyo Purworejo, Kedungkamal Grabag, Wirun Kutoarjo, dan Desa Wironatan Kecamatan Butuh.

            Ketua TP PKK Tlogorejo Ny Arum mengatakan, anggaran dari pemerintah desa sebesar Rp.56 juta digunakan untuk kegiatan PKK yang meliputi 4 Pokja sejumlah Rp.36 juta, sedangkan yang Rp.20 juta untuk pengembangan Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K). Pelaksanaan UP2K bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup keluarga melalui pembangunan ekonomi. Terdapat 8 kelompok pelaksana dengan total dana yang berputar sebesar Rp.42,6 juta.  

            Dijelaskan Ny Arum, kegiatan PKK desa hingga dasa wisma melaksanakan 10 program pokok PKK, juga tertib adminstrasi. Antara lain melakukan bina keluarga balita yang dipadu dengan Posyandu, tabungan PBB dasa wisma,  menggiatkan sehat Lansia melalui pengajian dan senam, membudayakan ternak dan gemar makan ikan, juga melakukan penyuluhan rumah sehat yang layak huni. Ini dilaksanakan rutin sesuai jadwal kegiatan ditingkat desa.

            Untuk meningkatkan pendapatan keluarga kata Ny Arum, masing-masing anggota PKK sudah dilatih berbagai keterampilan. Seperti daur ulang sampah, membuat aneka makanan ringan, mengolah masakan tradisional, menanam dengan media hidropnik. “Sedangkan untuk tahun depan rencananya kami, akan menggiatkan untuk menanam tanaman obat keluarga (Toga). Selain untuk sendiri, juga di Desa Tlogorejo ada home insdustri pembuatan ramuan obat herbal. Sehingga bahan baku bisa disupali dari desa ini sendiri, tidak harus mengambil dari luar daerah. Sedangkan snack ringan kami pesan setiap ada kegiatan desa,” harapnya.

            Sementara itu Kepala Desa Kastomo mengaku terbantu dengan adanya kegiatan PKK, sehingga program yang terkait keluarga dapat ditangani. Terutama untuk peningkatan pendapatan ekonomi, juga terkait program kesehatan seperti Posbindu, Poslansia, dan Posyandu. Termasuk pentingnya menjaga lingkungan yang sehat. “Sehingga kami pemerintahan desa memberikan dukungan anggaran, yang tentu saja harus dapat diwujudkan dalam kegiatan dan dipertanggungjawabkan dalam hal pelaporan penggunaan anggaran. Jangan sampai bermasalah, karena anggaran sekecil apapun harus jelas penggunaannya,” tutur Kastomo yang menjabat Kades dua periode.

           

Berita Terpopuler

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo
News

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo

Rabu, 06 November 2019

Hari Pahlawan tingkat Jateng dipusatkan di Purworejo


Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....