News

KKN Mahasiswa Agar Tidak Cari Donatur

Penempatan KKN di desa-desa, untuk memaksumalkan perannya dalam mengimplemnensikan ilmunya. KKN ini bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI, yang nantinya akan banyak kegiatan. Mahasiswa, agar tidak membuat pengajuan proposal bantuan, jangan mencari donatur untuk kegiatan Agustusan.

Hal tersebut diingatkan Asisten pemerintahan Sumharjono SSos MM, pada penerimaan KKN Universitas Islam Indonesia Yogyakarta di Pendopo Selasa (30/7). Hadir pula Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setyadi SSos, sekretaris Dra Titik Mintarsih MPd, Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UII Doktor Nur Fitri MSi, dan dinas instansi terkait.

Lebih lanjut Sumharjono mengatakan, pengajuan proposal bantuan untuk kegiatan Agustusan hendaknya dihindari, supaya tidak meinmbulkan hal yang tidak baik. Apalagi proposalnya ke kabupaten, kecamatan atau yang lainnya. Diupayakan untuk lebih kreatif dalam menyelenggarakan kegiatan, karena peringatan HUT kemerdekaan RI harus dimeriahkan dengan melibatkan semua masyarakat di desa.

Disamping itu kata Sumharjono, tema KKN yakni pengembangan desa berbasis potensi unggulan. Untuk mengawal ini desa sedang semangat-semangatnya memprogramkan peningkatan ekonomi desa melalui Bumdes. Maka KKN agar terkonsentrasi, untuk mengangkat potensi unggulan desa. Juga pentingnya pemberdeyaan masyarakat dan mengentaskan kemiskinan. Kabupaten Purworejo termasuk 14 tingkat kemikinannya se Provinsi jawa Tengah.

Namun demikian lanjut Sumahrjono, jumlah kemiskinan sudah menurun dari 13, 67 persen tahun lalu, dan sekarang sudah menjadi 11, 8 persen. Program utama di Kabupaten Purworejo diantaranya, progrm peningkatan pendapatan masyarakat msikin (Propendakin). Perdesa diambil 10 KK yang mendapatkan stimulan sebesar Rp. 20 juta, untuk kegiatan pertani, peternakan, industri rumahan seperti membuat makanan ringan, katering, dll.

“Mahasiswa yang KKN bisa mendorong masyarakat dalam melaksanakan program pengentasan kemikinan. Juga dengan adanya program wisata desa untuk mengangkat potensi yang ada melalui pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes),” ujar Sumharjono.

Sementara itu Kabid Dinpermasdes Abdul Malik SE MM menjelaskan,  KKN UII Yogyakarta ini  merupakan angkatan 59  sebanyak 992 mahasiswa yang akan ditempatkan di 23 desa di 8 Kecamatan yakni Kecamatan Bener, Bagelen, Purworejo, Bruno, Purwodadi, Kemiri, Grabag, dan Kecamatan Ngombol. KKN dilaksanakan selama 1 bulan yakni 30 Juli hingga 30 Agustus mendatang.

Sedangkan tujuannya menyambut mitra masyarakat dan mitra Pemerintah daerah uang akan melaksankan Tridarma Perguruan tinggi di Kabupaten Purworejo dengan harapan dapat bekerjasana membantu pembangunan daerah. Juga membuka ruang koordinasi agar pelaksanaan kegiatan KKN  dapat terprogram dengan baik dan kegiatan dapat berkelanjutan meski paska KKN.

Berita Terpopuler

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo
News

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo

Rabu, 06 November 2019

Hari Pahlawan tingkat Jateng dipusatkan di Purworejo


Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....