News

Tarif Layanan RSUD Disesuaikan Per 1 Agustus

Penyesuaian Tarif layanan kesehatan RSUD Dr.Tjitrowardojo Kabupaten Purworejo terhitung per 1 Agustus 2019. Penyesuaian tarif dengan mempertimbangkan berbagai kebijakan antara lain pada kotinueitas dan pengembangan layanan, daya beli masyarakat serta kompetisi yang sehat. Tarif juga dengan dasar gotong royong, adil serta mengutamakan masyarakat berpenghasilan rendah dan tak mengutamakan keuntungan.

            Hal itu dijelaskan Direktur RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo drg Gustanul Arifin MKes, diruang kerja Direktur. Turut mendampingi Wakil Direktur Umum dan keuangan Januariyanto SH MM dan Kasubag Hukum dan hubungan masyarakat Lely Dewi Pramudyani SKM MM.

Gustanul mengatakan, RSUD Dr Tjitrowardojo sebagai Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) bidang kesehatan memang harus melakukan penyesuaian tarif baru untuk berbagai layanan. Penyesuaian tarif didasarkan pada Peraturan Bupati No 22 Tahun 2019 tentang Tarif Layanan BLUD RSUD Dr Tjitrowardojo. Penyesuaian tarif ini sekaligus untuk meningkatkan jasa pelayanan kepada masyarakat. penyesuaian tarif ini bertujuan agar terpenuhinya biaya operasional rumah sakit, sekaligus meningkatnya kualitas pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Menurut Gustanul, sebelumnya sudah melakukan study banding di sejumlah RSUD, baik RSUD di Magelang maupun RSUD di Bantul Yogyakarta. Termasuk membahas bersama bagian hukum Setda Kabupaten Purworejo terkait penyesuaian tarif. Sejak ditetapkan sebagai BLUD pada 3 Januari 2009, baru dua kali diadakan penyesuaian tarif pada 2007 dan 2015 berdasarkan Peraturan daerah nomor 14 tahun 2007 dan Peraturan Bupati Purworejo nomor 4 tahun 2015.

“Kebijakan tarif baru ini berlaku untuk semua kegiatan layanan di rumah sakit, yakni layanan kesehatan dan non layanan kesehatan. Tarif RSUD merupakan seluruh biaya penyelenggaraan yang dibebankan kepada masyarakat, pemerintah atau pihak lain atas penyelenggaraan kegiatan layanan di rumah sakit,” tandas Gustanul.

Ditambahkan Januariyanto, penyesuaian tarif berlaku bagi pelayanan kesehatan dan non pelayanan kesehatan. Pelayanan kesehatan meliputi rawat jalan, rawat darurat, rawat inap, pemeriksaan penunjang diagnostik, tindakan medik, tindakan keperawatan/kebidanan, rehabilitasi medik, pemeriksaan kesehatan, pelayanan hemodialisis. Perawatan sehari (one day care), pelayanan kunjungan rumah (home care), pelayanan psikologi, konsultasi gizi, bank darah, medico legal, farmasi, pemulasaraan jenazah dan transportasi. Sedang untuk non kesehatan meliputi pendidikan dan latihan serta pemanfaatan sumber daya RSUD.

Berita Terpopuler

Pemkab Sosialiasikan KMA 494 Terkait Pembatalan Keberangkatan Haji
News

Pemkab Sosialiasikan KMA 494 Terkait Pembatalan Keberangkatan Haji

Jumat, 19 Juni 2020

Pemkab Purworejo melalui Bagian Kesra Setda Purworejo mengadakan sosialisasi Keputusan Menteri Agama....


Perbaiki Sejumlah Fasilitas, Puncak Khayangan Sigendol Siap Menerima Wisatawan
News

Perbaiki Sejumlah Fasilitas, Puncak Khayangan Sigendol Siap Menerima Wisatawan

Rabu, 17 Juni 2020

Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM meresmikan pintu gerbang Obyek Wisata Puncak Khayangan Sigendo....


Positif Tambah Satu, Warga Dihimbau Jalankan Protokol Kesehatan
News

Positif Tambah Satu, Warga Dihimbau Jalankan Protokol Kesehatan

Jumat, 26 Juni 2020

Positif Tambah Satu, Warga Dihimbau Jalankan Protokol Kesehatan