News

Masyarakat Turut Ramaikan Hari Koperasi

Masyarakat dan para pelajar beramai-ramai turut memeriahkan peringatan Hari Koperasi mulai ikut dalam kegiatan jalan sehat, donor darah, resepsi, juga ikut menyaksikan pagelaran kesenian tradisional kuda lumping. Masyarakat tampak antusias mengikuti hingga usai kegiatan. Bahkan yang beruntung mendapatkan hadiah utama seperti kulkas, mesin cuci, dan kompor gas  yakni dari siswa siswi SMP, SMK, juga masyrakat umum. Masyarakat juga mengikuti tarian kuda lumping sampai selesai, meskipun hujan mengguyur hinga sore.

Kegiatan yang dipusatkan didepan Pendopo dan alun-alun-alun Purworejo itu, dibuka Asisten pemerintahan Setda Sumharjono SSos MM mewakili Bupati. Hadir pula Wakil Ketua Dekopinda Drs Slamet Darsono, sekretaris Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Sri Wahjuningsih SSos MM, unsur Forkopimda, dan dinas instansi terkait.

Dalam sambutannya Sumharjono mengatakan, dengan menggelar berbagai kegiatan ini tentu sangat bagus untuk sekaligus mengajak masyarakat supaya lebih mencintai koperasi. Sehingga bisa ikut menjadi anggota Koperasi dimasing-masing desanya. Pada bagian lain Sumharjono mengatakan, dimulainya era revolusi industri 4.0, tantangan baru yang dihadapi perkoperasian, terasa semakin kompleks dan rumit. Hal ini disebabkan adanya perubahan gaya hidup generasi milenial yang begitu cepat dan tidak menentu (disruptif), akibat perkembangan teknologi informasi, transportasi, dan komunikasi yang sangat pesat. Pola dan gaya hidup generasi milenial bercirikan segala sesuatu yang lebih cepat, mudah, murah, nyaman, dan aman. 

Seperti halnya manusia kata Sumharjono, setiap organisasi termasuk koperasi harus mampu beradaptasi dengan lingkungannya. Jika tidak maka akan tergilas oleh adanya perubahan lingkungan. Koperasi era revolusi industri 4.0 juga mangharuskan koperasi untuk dapat beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa dinamis tersebut. “Langkah awal yang perlu dilakukan dalam transformasi koperasi harus membangun karakter kreatif dan inovatif bagi insan penggerak koperasi. Insan yang kreatif dan inovatif akan dapat lebih cepat beradaptasi dengan lingkungannya,” tandasnya.

Sedangkan Slamet Darsono mengatakan, di Purworejo sudah cukup banyak koperasi usaha yang bergerak di bidang produksi. Keberadaanya untuk mendukung sektor usaha mikro kecil menengah yang dihasilkan oleh anggota ataupun warga. Mungkin perlu ditumbuhkan koordinasi atau komunikasi antar koperasi. Tidak sekedar berputar di Purworejo saja tapi bisa dimungkinkan kerjasama dengan koperasi di luar daerah.

Disisi lain juga ada permasalahan yang dihadapi perkoperasian di Purworejo, yakni menjamurnya koperasi simpan pinjam (KSP) yang berasal dari luar kota. Keberadaannya memang bergerak seperti layaknya koperasi umum, namun dalam perjalananya lebih pas disebut dengan rentenir. “Prakteknya tidak benar, lebih kepada peminjaman uang. Hak-hak yang harus diberikan kepada anggota juga kerap diabaikan. Percuma saja mereka bernaung dalam koperasi tapi malah hanya memperkaya pihak tertentu saja. Sementara kesejahteraan yang diharapkan anggota tidak didapat,” ujarnya.

Sementara itu Wakil Ketua panitia Nurhadi Tri Onggo SH MAP menjelaskan, kegiatan jalan sehat, donor darah, resepsi, dan pentas seni merupakan puncak kegiatan dalam rangka Hari Koperasi, dengan melibatkan masyarakat umum, anggota gerakan koperasi, dan pelajar. Selain untuk mendekatkan program koperasi kepada masyarakat, juga untuk mendorong gerakan koperasi untuk bekerjasama bersinergi dan integrasi usaha dalam rangka mewujudkan keunggulan daya saing.”Puncak hari koperasi ini sebagai ungkapan syukur juga dilakukan potong tumpeng,” katanya.

 

Berita Terpopuler

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo
News

Upacara Hari Pahlawan Tingkat Jateng Dipusatkan Di Purworejo

Rabu, 06 November 2019

Hari Pahlawan tingkat Jateng dipusatkan di Purworejo


Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....