News

Visitasi Di RSUD Tjitrowardojo Sebagai RS Pendidikan

Setelah tiga tahun terakhir Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Tjitrowardojo Purworejo ditetapkan dan bersertifikasi sebagai Rumah Sakit pendidikan, kini dilakukan visitasi kembali untuk kelanjutan penetapan sebagai RS Pendidikan, yang nantinya dikuatkan dengan sertifkat. Tim Visitasi Penetapan RS Pendidikan untuk Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Gadjahmada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY), itu diterima Direktur RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo drg Gustanul Arifin Mkes.

Kegiatan visitasi yang berlangsung di aula lantai 2 RSUD pada Selasa (16/7) tersebut juga dihadiri Kepala Dinas Kesehatan dr Sudarmi MM,  Wakil Direktur pelayanan dr Ika Endah Lestari SpKJ Mkes, Wakil Direktur Umum dan keuangan Yanuar Riyanto SH MM, dan semua jajaran dokter, pejabat, dan karyawan karyawati.   

Direktur drg Gustanul Arifin Mkes mengatakan, penetapan pertama RSUD Dr Tjitrowardojo sebagai RS Pendidikan Satelit telah dilakukan pada 12 Desember 2014. Seharusnya, pada 12 Desember 2017 dilakukan penetapan ulang sebagai RS Pendidikan Satelit. Namun, sehubungan adanya regulasi baru, dimana RSUD Tjitrowardojo Purworejo sebagai RS Pendidikan Satelit, penetapannya menunggu penetapan RS Pendidikan Utama yakni RSUP Dr Sardjito Yogyakarta untuk Fakultas Kedokteran Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) UGM Yogyakarta dan RSUD Panembahan Senopati Bantul untuk Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UMY. “Sehingga masa transisi ini menyebabkan kemunduran dalam penetapan ulang RS Pendidikan Satelit RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo,” paparnya.

Dikatakan Gustanul, pihaknya telah melakukan berbagai usaha dan persiapan, dari pembentukan Tim Persiapan Penetapan RS Pendidikan RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo, koordinasi dengan RS Pendidikan Utama dan institusi pendidikan, sampai memenuhi berbagai borang dan persyaratan yang telah distandarkan. “Kami berharap dengan visitasi penetapan RS Pendidikan Satelit ini dapat terus memacu kami untuk dapat bekerja lebih optimal dan profesional serta sesuai standar yang berlaku secara nasional,” ujarnya.

Ketua Tim Visitasi dr Elsya Sihontang SpPk mengatakan, pentingnya penetapan RS Pendidikan bagi pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan fakultas kedokteran di masa yang akan datang. Rumah Sakit, lanjutnya, merupakan fasilitas layanan kesehatan yang menyelenggarakan fungsi pelayanan kesehatan serta dimanfaatkan untuk fungsi pendidikan, pelatihan, dan penelitian di bidang kedokteran serta tenaga kesehatan lainnya.

Undang Undang No 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit menetapkan bahwa RS dapat ditetapkan menjadi RS Pendidikan setelah memenuhi persyaratan dan standar yang telah ditentukan. Dalam melaksanakan fungsi ini, sebuah RS Pendidikan harus mampu menjalankan peran menyelenggarakan pelayanan yang berkualitas, pendidikan yang inovatif, dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi.

Menurutnya, RS Pendidikan juga bertugas untuk melaksanakan pendidikan tenaga kesehatan yang berbasis pada pelayanan, membentuk karakter profesional bagi tenaga kesehatan, mengembangkan kompetensi interprofesional dan melaksanakan riset yang bersifat transnasional. Elysa berharap, kerjasana antara institusi pendidikan termasuk Fakultas Kedokteran dan Fakultas Kedokteran Gigi dengan rumah sakit pendidikan dioptimalkan, sehingga sepenuhnya diarahkan untuk mengembangkan fungsi dan tugas pelayanan pendidikan serta penelitian.

Berita Terpopuler

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....


Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan
News

Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan

Jumat, 22 November 2019

Saba Desa di Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Purworejo, Rabu (20/11/2019), Bupati Purworejo Agus Bas....