News

Pusdiklat Diminta Tingkatkan SDM Anggota Pramuka

Pusat Pendidikan dan Latihan (Pusdiklat) Pramuka merupakan bagian integral dari Kwarcab yang berfungsi sebagai wadah dan pelaksana pendidikan serta pelatihan, guna meningkatkan jumlah dan mutu anggota Pramuka. Maka pengurus Pusdiklat agar dapat memaksimalkan keberadaan Pusdiklat sebagai upaya pengembangan sumber daya manusia (SDM) Gerakan Pramuka di Kabupaten Purworejo.

Hal itu ditegaskan Ketua Pramuka kwarcab Purworejo pada pelantikan pengurus Pusdiklat yang sekaligus dirangkai dengan kegiatan Karang Pamitran Golongan Penegak Kwarcab Purworejo, di Sanggar Bhakti Pramuka pada Sabtu siang (29/6). Hadir pula Waka bidang Lingkungan Hidup Sumharjono SSos MM, Waka Binawasa Dra Titik Mintarsih MPd, Sekretaris Piyani SPd, dan Ancu Humas Dwija Mudiarto SSos MM.

 Lebih lanjut Pram Prasetyo mengharapkan keberadaan Pusdiklat dapat memberikan pelayanan pendidikan dan pelatihan bagi masyarakat. Maksimalkan keberadaan Pusdiklat Pramuka sebagai momentum peningkatan kapasitas dan kapabilitas anggota pramuka, khususnya para pembina melalui pelatihan-pelatihan. 

Apabila dimanfaatkan dengan betul, kata Pram Prasetyo pasti peran Pusdiklat mampu membentuk pribadi dan kecakapan anggota pramuka sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam butir-butir Dasa Darma Pramuka. “Menciptakan generasi baru yang lebih baik adalah amanah yang harus ditunaikan. Kita harus mampu menjaga kesadaran berbangsa dan bermasyarakat generasi bangsa melalui infiltrasi didalam kegiatan Pramuka,” harapnya.

Waka Binawasa Dra Titik Mintarsih MM mengatakan, keberadaan Pusdiklat Kepramukaan akan menjadi kawah candra dimuka bagi seluruh anggota pramuka menempa diri dan meningkatkan kecakapan. Pramuka ini sebagai wadah pembinaan diluar sekolah dan keluarga yang senantiasa meningkatkan kualitas anggotanya untuk menjadi kader pemimpin. “Diharapkan  dengan pelatihan-pelatihan, nantinya akan menghasilkan peserta didik teratas, menjadi Pramuka Garuda,” tuturnya.

Dikatakan, untuk mendukung program Pusdiklat rencananya akan disiapkan gedung Pusdiklat Kepramukaan yang berlokasi di dekat Bumi Perkemahan Puntuk. “Tapi sementara ini seluruh kegiatan Pusdiklat dipusatkan di Sanggar Bhakti Gerakan Pramuka. Umumnya gedung Pusdiklat itu dekat dengan bumi perkemahan, kemarin Kamabincab sudah mengusahakan untuk gedung Pusdiklat, harapannya akan dapat terealisasi, sehingga segala pelatihan dapat terpusat di gedung Pusdiklat,” jelas Titik Mintarsih.

Pada pelantikan tersebut, sebagai ketua Pusdiklat  Kuntari Watini, wakil ketua Suprihono, dan sekretaris Retno Suprihatini, serta dibantu sejumlah pengurus.

Berita Terpopuler

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia
News

Tabur Bunga di TMP Tentara Pelajar Wareng, Gubernur Ajak Hormati Pahlawan Siapapun Dia

Senin, 11 November 2019

Peringatan Hari Pahlawan ke-74 Tingkat Provinsi Jawa Tengah dipusatkan di Desa Wareng Kecamatan Butu....


Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng
News

Peringati Maulid Nabi, Warga Ketepeng Watuduwur Bruno Sedekahkan Ratusan Ambeng

Kamis, 07 November 2019

Peringatan Maulid Nabi Muhammad Sholallahu â€Â&Acir....


Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan
News

Saba Desa, Bupati Makan Nasi Takir Bersama Warga Pamriyan

Jumat, 22 November 2019

Saba Desa di Desa Pamriyan Kecamatan Pituruh Purworejo, Rabu (20/11/2019), Bupati Purworejo Agus Bas....