News

Satpol PP Akan Patroli Bulan Ramadan

 Memasuki bulan puasa Ramadhan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) merencanakan akan melakukan patroli keamanan selama bulan Ramadhan. Patroli untuk menjaga ketertiban dimasyarakat, agar bulan suci Ramadhan di Purworejo dapat dilalui dengan aman dan nyaman. Bahkan tidak hanya bulan Ramadhan, namun setelah Ramadan juga rencananya akan patroli.

 Hal itu ditegaskan Kepala Satpol PP Damkar Kabupaten Purworejo Budi Wibowo SSos MSi pada kegiatan pembinaan anggota kader siaga tramtib (KST) dan anggota Perlindungan Masyarakat (Linmas), di ruang Arahiwang Setda hari ini Kamis (25/4). Pembinaan dalam rangka meningkatkan ketertiban umum, ketentraman dan perlindungan masyarakat tersebut, juga dihadiri jajaran pejabat Satpol PP Damkar, dan perwakilan Polres Purworejo.

            Lebih lanjut Budi Wibowo mengatakan, nantinya dalam melakukan patroli akan melibatkan KST dan Linmas dari kecamatan, baik pada bulan suci Ramadan maupun setelah bulan Ramadan. Nantinya akan dibuat jadwal tugas patroli. Pelibatan KST dan Linmas sangat penting, mengingat personil Satpol PP yang terbatas. “Maka sering terjadi ditertibkan didaerah sini, muncul lagi ditempat lain. Dengan memberdayakan KST dan Linmas, mudah-mudahan akan dapat memaksimalkan tugas dilapangan. Bahkan mungkin pendekatan yang dilakukan KST dan Linmas bisa lebih mudah untuk melakukan ketertiban masyarakat,” tuturnya.

            Karena selama ini kata Budi, image di masyarakat bahwa Satpol PP sebagai tukang garuk pedagang kaki lima (PKL) masih melekat. “Padahal petugas dilapangan dalam melakukan tugas sudah seperti yang saya sarankan yakni dengan selalu ramah dan tersenyum. Tapi tetap saja masyarakat kalau melihat kedatangan Satpol PP, sudah ketakutan. Meski demikian kami dalam mengamankan Perda akan terus berusaha humanis terhadap masyarakat, agar Humanis tidak hanya slogan,” jelas Budi.  

            Menurutnya, karakter setiap orang berbeda-beda sehingga dibutuhkan pendekatan yang tepat. Harapanya pendekatan-pendekatan yang dilakukan Satpol PP bersama KST dan Linmas, nantinya masyarakat menyadari akan ketertiban, dan masyarakat juga akan bersahabat jika  melihat Satpol PP. “Masyarakat tidak lagi takut, justru bisa menjadi sahabat untuk bersama-sama mengamankan Perda,” harap Budi Wibowo.

            Sementara itu ketua penyelenggara yang juga sebagai Kasi Bina Pengembangan kapasitas dan Sarana prasarana Suyatno SSos melaporkan, peserta yang mengikuti pembinaan sebanyak 122 orang terdiri KST sebanyak 72 orang dan 50 orang dari Linmas. Diadakan pembinaan ini agar anggota KST dan Linmas dalam melaksankan tugas di kelurahan/desa masing-masing dapat berjalan lancar dan terampil. Sedangkan jumlah anggota KST se kabupaten Purworejo sebanyak 1.179 orang, dan anggota Linmas sebanyak 5.853 orang.          

 

Berita Terpopuler

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi
News

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi

Selasa, 18 Juni 2019

pemerintahan


Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa
News

Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa

Rabu, 19 Juni 2019

pemerintahan


Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan