News

ASN Diminta Tingkatkan Pelayanan Kepada Masyarakat Dengan Kegiatan Yang Kreatif dan Inovatif

Mendagri Cahyo Kumolo mengajak seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk mengawal otonomi daerah (otda), agar selalu diisi dengan kegiatan-kegiatan dalam peningkatan kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah yang berorientasi pada pelayanan masyarakat, guna mewujudkan kesejahteraan rakyat dan peningkatan SDM melalui kegiatan yang kreatif dan inovatif.

Hal itu dikatakan Mendagri dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekda Purworejo Drs Said Romadhon saat menjadi Inspektur Upacara dalam peringatan Hari Otonomi Daerah ke 23 tahun 2019 tingkat Kabupaten Purworejo di Halaman Kantor Bupati Purworejo, Kamis (25/4).

Mendagri menambahkan, perjalanan otda pasca reformasi hingga sekarang dapat dikatakan banyak kemajuan yang telah dicapai. Otda telah memberikan solusi untuk mendorong kemajuan pembangunan daerah, dimana daerah masyarakat didorong dan diberi kesempatan yang luas mengembangkan kreativitas dan inovasinya.

Menurutnya, dalam penyelenggaraan otda tidak dapat menganggap bahwa masyarakat itu hanyalah semata-mata sebagai "konsumen" pelayanan publik. Tetapi dituntut adanya kemampuan untuk memperlakukan masyarakat sebagai "citizen'' termasuk bagaimana meningkatkan kualitas sumber daya manusianya.

Untuk itu, semua ASN di daerah harus memberikan kualitas pelayanan publik yang lebih baik sebagai wujud pelaksanaan Reformasi Birokrasi di daerah provinsi dan kabupaten/kota.

Mendagri juga mengajak ASN untuk mendorong munculnya kemandirian yang digerakkan oleh kreativitas dan inovasi daerah dalam mengoptimalkan berbagai potensi sumberdaya yang ada. Baik sumberdaya manusia maupun sumberdaya alam yang secara signifikan akan mendukung dan memperkokoh pembangunan nasional dalam bingkai NKRI.

Dirinya juga mengajak untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pemerintahan melalui keserasian hubungan pemerintah pusat dengan Pemda, keserasian  hubungan  Pemda  dengan DPRD dan masyarakat, sehingga tercipta tata kelola hubungan pemerintahan yang sinergis.

Dalam sambutannya, Mendagri juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh Pemda dan masyarakat dengan telah mendukung terselenggaranya Pemilu Serentak tanggal 17 April 2019 yang berjalan lancar aman dan tertib. Pasca pemungutan suara Pemilu Serentak ini juga diharapkan senantiasa menjaga suasana kondusif di masyarakat, sehingga pelayanan publik dan aktivitas pemerintahan terselenggara dengan aman, lancar dan terkendali.

 

 

Berita Terpopuler

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi
News

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi

Selasa, 18 Juni 2019

pemerintahan


Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa
News

Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa

Rabu, 19 Juni 2019

pemerintahan


Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan