News

Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 Targetkan SAKIP dengan Kategori A

Pemerintah Kabupaten Purworejo melaksanakan acara Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun 2019 bertempat di Pendopo Kabupaten Purworejo, Selasa (23/4). Dengan peserta Inspektur se Eks Karesidenan Kedu, Asisten Setda, Staf Ahli Bupati, Pimpinan dan Sekretaris Perangkat Daerah.

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM dalam sambutannya yang dalam hal ini dibacakan oleh Sekretaris Daerah Drs Said Romadhon menyampaikan gelar  pengawasan merupakan salah satu bentuk komitmen pemerintah untuk mewujudkan penyelenggaraan pemerintahan daerah yang baik dan bersih, serta untuk mendorong peningkatan kinerja melalui pelaksanaan tindak lanjut hasil pemeriksaan yang dilaksanakan oleh Inspektorat. Larwasda kali ini mengambil tema Pemerintah Kabupaten Purworejo Menuju Sistem Akuntabilitas Instansi Pemerintahan (SAKIP) dengan Katagori A. Hal ini tak lepas dari hasil evaluasi SAKIP tahun 2018 yang lalu pada kategori B dengan nilai 61.08 dengan interpretasi BAIK mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya yaitu dengan nilai 56,74 dengan kategori CC dengan interpretasi CUKUP. “Kita tentunya berharap agar tahun depan penilaian SAKIP kita bisa mendapat katagori A” ujar Sekda.

Ia juga mengapresiasi atas kinerja Perangkat Daerah selama ini, namun Pimpinan Perangkat Daerah juga diminta untuk menindak lanjuti Laporan Hasil Pemeriksaan yang dilakukan baik oleh BPK RI, BPKP, Inspekrorat Provinsi maupun Inspektorat Kabupaten Purworejo. Untuk peningkatan akuntabilitas kinerja di lingkungan.

Kedepan ia berharap semua pimpinan Perangkat Daerah tahu akan peran dan fungsinya dalam pelaksanaan SAKIP di Perangkat Daerah masing masing dan untuk kepentingan SAKIP Kabupaten. “Karena sebenarnya SAKIP adalah tanggung jawab pimpinan Perangkat Daerah” imbuh Sekda.

Sementara itu Drs R Achmad Kurniawan Kadir MPA Inspektur Kabupaten Purworejo selaku ketua penyelenggara menyampaikan beberapa hasil evaluasi  SAKIP Perangkat Daerah dilingkungan Pemerintah Daerah tahun 2018. Namun hasil evaluasi yang diterbitkan belum sepenuhnya menggambarkan kondisi penerapan SAKIP di Perangkat Daerah. Hasil evaluasi atas program yang dilakukan baru sebatas pelaksanaan program penyerapan anggaran, belum kepada hasil program, sehingga masih dijumpai ketidak selarasan antara kegiatan hasil program serta peran serta yang diemban oleh perangkat daerah.

Larwasda tahun ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Asisten Deputi Pengelolaan Pengaduan Aparatur dan Masyarakat Kementerian PAN dan RB Drs Agus Uji Hantara ME, Inspektur Provinsi Jawa Tengah Hendri Santosa SE Ak MSi CA, dan Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Prov D I Yogyakarta Drs Agus Uji Hantara ME.

Berita Terpopuler

Bupati Minta Kades Jangan Takut Gunakan Anggaran
News

Bupati Minta Kades Jangan Takut Gunakan Anggaran

Selasa, 03 September 2019

pemerintahan


SMKN 1 Juara Umum LKS Disiapkan Maju Provinsi
News

SMKN 1 Juara Umum LKS Disiapkan Maju Provinsi

Jumat, 06 September 2019

pemerintahan


Siap Sambut Wisatawan, Ribuan Penari Menari Dolalak Massal
News

Siap Sambut Wisatawan, Ribuan Penari Menari Dolalak Massal

Sabtu, 14 September 2019

Dalam rangka menyambut tahun kunjunga wisata tahun 2020 atau romansa Purworejo 2020, Pemkab Purworej....