News

Semangat Kartini Unik Ala Dinpermasdes

Jajaran Pimpinan dan staf Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinpermasdes) Kabupaten Purworejo memperingati Hari Kartini ke 140 Kabupaten Purworejo, dengan cara unik dan meriah. Sebelum melaksanakan upacara Hari Kartini, didahului gerakan joget ala Dinpermasdes yang diiringi tembang jawa perahu layar. Dengan gerakan joget bebas, masing-masing yang mengenakan pakaian adat jawa itu tampak semangat memperingati Hari Kartini.

Tampak dibarisan terdepan Kepala Dinpermasdes Agus Ari Setiyadi SSos dan Sekretaris Dra Titik Mintarsih MPd memimpin joged ala Dinpermasdes dalam memasuki pintu gerbang kantor menuju halaman upacara. Diikuti empat Kabid antara lain Basuki SSos MSi, Heri Susanto SIP MM, Anas Naryadi SH MM, Puguh Triatmoko SH MH, dan para Kasi serta semua karyawan karyawati.

Dengan berlenggak lenggok dan mengumbar senyuman, masing-masing sangat bergembira dan bersemangat sebagai upaya mengenang RA Kartini sebagai tokoh wanita yang membawa kemajuan para perempuan. Berjoget sekitar 20 menitan itu, juga semakin semarak dengan tampilan pakaian adat jawa bekap dan kebaya yang berwarna warni menambah ramai suasana peringatan Kartini.

Seperti disampaikan Agus Ari Setiyadi SSos, peringatan Hari Kartini ini kita melaksanakan upacara dengan berpakaian adat jawa. Bahkan juga bergembira bersama dengan joget meriah untuk membakar semangat kebersamaan. Ini menggambarkan dan mensyukuri kepahlawanan yang dilakukan RA Kartini, untuk kita selalu mengenangnya. Lebih dari itu tentunya, teladan Kartini yang telah membawa kemajuan bagi kaun perempuan. Sehingga saat ini banyak perempuan yang mempunyai akses kemudahan dalam mengembangkan diri. Termasuk keberhasilan perempuan dari tahun ke tahun yang sangat terlihat perannya dalam pembangunan bangsa.

Perempuan memiliki peran penting dalam keluarga lanjut Agus Ari, selain sebagai Ibu yang mendidik anak-anak menjadi generasi penerus bangsa, juga mendampingi suami. Maka sangat tepat perempuan sebagai titik terpertama dalam membawa keberhasilan keluarga menjadi keluarga-keluarga Indonesia yang berwawasan luas dan beriman. “Kita melaksanakan instruksi Pak Sekda dengan mengadakan upacara Hari Kartini. Dan hari ini juga beda yang bertugas upacara semuanya perempuan. Sedangkan Tema Hari Kartini, Dengan Semangat Kartini Kita Wujudkan Kualitas Keluarga Untuk Jawa Tengah Maju Dan Berdikari,” tandas Agus Ari Setiyadi.

Sementara itu Sekretaris Dinpermasdes Dra Titik Mintarsih MPd selaku inspektur upacara dalam sambutannya mengatakan,  atas perjuangan Kartini saat ini kita bisa melihat perempuan-perempuan Indonesia yang hebat. Mereka tidak saja menjadi ibu rumah tangga yang mumpuni, tetapi juga ikut berpartisipasi dalam memberi warna kehidupan masyarakat dengan berbagai kegiatan-kegiatan pembangunan dan sosial.

Namun disisi lain kata Titik Mintarsih, masih banyak perempuan yang berada dalam posisi tidak berdaya. Ketidakberdayaan mereka terjadi karena banyaknya faktor yang menganggap sebelah mata dalam tingkatan stratifikasi sosial perempuan. Kemampuan perempuan masih dianggap dibawah laki-laki, sehingga kesempatan untuk menyerap faktor produksi juga kalah jauh dengan laki-laki. Selain itu, perempuan sangatlah rentan dengan kemiskinan dan ketidakadilan stratifikasi sosial, sehingga untuk sulit berkembang.

“Besarnya potensi yang dimiliki oleh kaum perempuan, harus benar-benar dioptimalkan bagi kemajuan bangsa dan kesejahteraan rakyat. Untuk itu diperlukan langkah strategis untuk merubah paradigma pembangunan sumber daya manusia yang lebih mengedepankan kesetaraan gender. Karena sebenarnya akan sangat menguntungkan jika terjadi kesetaraan gender antara perempuan dan laki-laki,” ujar Titik.

Dalam peringatan Kartini tersebut juga menyanyikan lagu Ibu Kita Kartini secara bersama, dilanjutkan penilaian keluwesan dalam mengenakan pakaian adat jawa serta disediakan berbagai hadiah berupa dorprise.

Berita Terpopuler

Jalin Silaturahmi Dengan Warga, Wakil Bupati Tarhim di Pituruh
News

Jalin Silaturahmi Dengan Warga, Wakil Bupati Tarhim di Pituruh

Kamis, 09 Mei 2019

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH bersama Forkopimda dan sejumlah pejabat SKPD dan instansi mel....


Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 Targetkan SAKIP dengan Kategori A
News

Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 Targetkan SAKIP dengan Kategori A

Rabu, 24 April 2019

Pemerintah Kabupaten Purworejo melaksanakan acara Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun 2019 bert....


Polres Purworejo Inisiasi Komitmen Bersama Pererat Persatuan
News

Polres Purworejo Inisiasi Komitmen Bersama Pererat Persatuan

Rabu, 24 April 2019

Polres Purworejo menggelar adanya Komitmen Bersama seluruh peserta Pemilu 2019 mulai dari Tim Sukses....