News

Bupati Saba Desa Kaliurip Kecamatan Kemiri

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM bersama Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Sekda Purworejo dan sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) hadir di Desa Kaliurip Kecamatan Kemiri dalam rangka Kegiatan Bupati Saba Desa, Senin (15/4) hingga Selasa (16/4).

Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Bupati Saba Desa merupakan ajang silaturahmi ke desa-desa di Purworejo guna melihat dan berinteraksi langsung dengan warga desa setempat. Diharapkan dapat mendukung pengembangan potensi yang ada didesa.

“Tinggal setahun lagi saya bisa saba desa, saya ingin menikmati hari-hari bersama seluruh warga masyarakat. Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat menjadi daya ungkit percepatan pembangunan desa,” kata Bupati.

Bupati berharap warga Kaliurip dengan Lurah dan seluruh perangkat desa bersama-sama membangun desa dengan semangat yang luar biasa. Apalagi Desa Kaliurip memiliki potensi pariwisata yakni obyek wisata air terjun atau curug yang dapat dikembangkan.

“Desa Kaliurip memiliki obyek wisata alam Curug Kaliurip. Diharapkan kedepan Desa Kaliurip sebagai desa wisata nantinya bisa berkembang dan  bisa membawa kesejahteraan bagi seluruh waga masyarakat,” imbuhnya.

Sementara itu, Sekda Purworejo Drs Said Romadhon saat kegiatan Sarasehan bersama Bupati menjelaskan jika Kabupaten Purworejo saat ini sedang giat-giatnya membangun seluruh wilayah dan masyarakat Kabupaten Purworejo.

Dirinya juga mendengar bahwa semangat warga masyarakat Desa Kaliurip dalam membangun desanya sangat luar biasa. Dia menekankan perlunya untuk melakukan perubahan secara terus menerus untuk mencapai kesejahteraan masyarakat.

“Kalau pembangunan bergerak dari ujung desa sampai kabupaten insya Allah, Purworejo Mulyo tidak akan terlalu lama,” ujar Said.

Said juga melihat bahwa Desa Kaliurip mulai menggeliat dan mengarah ke pariwisata. Menurutnya, saat ini manusia jumlahnya dan keinginannya semakin banyak sehingga mudah jenuh. Sehingga pariwisata atau berwisata merupakan salah satu atau bahkan setengah kebutuhan hidup manusia.

Dikatakan Said, salah satu kunci majunya suatu pariwisata adalah keramah tamahan. Selain itu juga perlunya untuk selalu menjaga kebersihan. Potensi kebudayaan atau tradisi lokal juga perlu untuk dimunculkan.

“Manfaatkan fasilitas teknologi, karena saat ini dunia ada ditelapak tangan. Apa saja bisa difiralkan. Semua akan kita dukung sepenuhnya agar lebih baik lagi,” pungkasnya.

Pada sarasehan tersebut juga diisi pemaparan materi tentang pengembangan kawasan pedesaan berbasis wisata desa oleh Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Agung Wibowo AP. Desa setempat mempersembakan hiburan berupa gamelan karawitan dari sanggar karawitan Laras Siwi yang dimainkan oleh siswa-siswi SD setempat.

Sama seperti Saba Desa sebelumnya, dalam sarasehan diserahkan berbagai bantuan mulai dari penyerahan bantuan Baznas, RTLH dan Kaum Dhuafa. Sebelum tiba di Desa Jrakah, rombongan tim Kabupaten mampir di dua desa yang dilalui, yakni Desa Kemiri Lor dan Desa Kalimeneng Kecamatan Kemiri.

Didesa Kemiri Lor, Bupati beserta rombongan melihat suguhan tarian bedaya dan jaran kepang. Bupati juga melihat pameran UMKM dan pameran produk olahan dari bank sampah hasil kerajinan warga desa setempat.

Sedangkan di Desa Kalimeneng, Bupati memimpin upacara Bulan Bakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) yang ditandai dengan pemukulan kenthongan, pelepasan balon hingga menyerahkan berbagai penghargaan dan bantuan.

Saba Desa Kaliurip juga disemarakkan dengan kegiatan jalan sehat yang diikuti ratusan warga. Bupati juga melaunching wisata desa Taman Wisata Curug Kaliurip. Selain itu juga dilakukan penebaran ribuan benih ikan dan penanaman bibi tanaman di kawasan sekitar obyek wisata.

 

Berita Terpopuler

Simpan Dana BOS Sama Dengan Korupsi
News

Simpan Dana BOS Sama Dengan Korupsi

Kamis, 28 Maret 2019

pemerintahan


KPU Purworejo Pasang Jadwal Kampanye 24 Maret – 13 April
News

KPU Purworejo Pasang Jadwal Kampanye 24 Maret – 13 April

Selasa, 26 Maret 2019

pemerintahan


Menteri PUPR Serahkan 5 Ribu Sertifikat Tenaga Konstruksi
News

Menteri PUPR Serahkan 5 Ribu Sertifikat Tenaga Konstruksi

Jumat, 05 April 2019

Sedikitnya 5 ribu tenaga kerja konstruksi di delapan daerah di Jawa Tengah mendapatkan sertifikat te....