News

KPU Libatkan 6 Tokoh Agama Dukung Pemilu Santun

Semakin dekatnya pelaksanaan Pemilu Presiden dan Wakil Presiden hingga DPRD, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Purworejo terus berupaya untuk menekan seminimal mungkin hal-hal yang tidak diiginkan mengganggu kelancaran Pemilu di Purworejo. Salah satu diantaranya mengajak perwakilan enam tokoh agama yang merupakan perwakilan dari masing-masing umatnya untuk turut mendukung kelancaran Pemilu dan Pemilu yang santun, damai, aman, dan sukses. Dukungan itu diwujudkan dalam doa bersama yang dilaksanakan di Pendopo kabupaten pada malam Jum’at (4/3).

            Enam tokoh agama itu memanjatkan doa sesuai agamanya masing-masing yang diawali Agama Hindu, Budha, Konghucu, Katolik, Kristen, dan Agama Islam. Selain doa juga dilakukan pemotongan tumpeng yang diwakili Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupayen Purworejo KH R Junaedi Jazuli dan diserahkan kepada Ketua KPU Drs Dulrohim. Tumpeng sebagai ungkapan rasa syukur dan harapan akan suksesnya pelaksanaan Pemilu di wilayah Kabupaten Purworejo.

            Dulrohim mengatakan, doa bersama ini bertujuan untuk kita bersama-sama dengan tokoh-tokoh agama bisa melaksankan Pemilu baik sebelum, saat, maupun paska Pemilu, bisa santun. Karena kesantunan dalam agama sangat dianjurkan, agar semua bisa salng menghormati.  Sehingga melibatkan tokoh agama. Juga untuk memperkuat dukungan Pemilu yang santun, damia, aman, dan sukses. “Maka pada doa malam ini turut dihadirkan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda),  FKUB, Pimpinan Partai Politik, Panwaslu Kabupate, Camat, Danramil, Kapolsek, UPPK, Panwas kecamatan yang mencapai 200 orang.

“Pemilu yang akan berlangsung pada 17 April mendatang, harapannya semua masyarakat yang sudah mempunyai hak pilih, dapat menggunakan suaranya untuk andil dalam menentukan para pemimpin bangsa ini. Baik pemimpin negara, maupun pemimpin di legislatif pusat hingga daerah. Dengan menggunakan suaranya maka akan ikut menentukan arah pembangunan,” jelasnya.

Sementara itu Bupati yang diwakili Kabag Kesra Drs Faturahman MM membacakan sambutan Bupati menyampaikan terimakasih dan apresiasi yang tinggi kepada KPU Kabupaten Purworejo, yang telah berinisiatif menggelar Tausiyah dan Doa Bersama untuk Pemilu Serentak Tahun 2019 yang Damai Aman dan Sukses. Selain untuk memohon petunjuk dan perlindungan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, momentum ini diharapkan bisa menjadi wahana untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan diantara seluruh elemen masyarakat, tanpa membedakan latar belakang suku, ras, agama maupun aspirasi politiknya.

Seperti diketahui bersama, pada tanggal 17 April 2019 mendatang, Bangsa Indonesia akan menyelenggarakan agenda politik yang sangat penting yakni Pemilihan Umum Serentak 2019. Pemilu 2019 adalah pengalaman baru bagi Pemerintah dan Rakyat Indonesia, dimana pemilihan presiden dan wakilnya, anggota DPR RI, DPD, DPR Provinsi dan DPRD Kabupaten/ Kota dilakukan secara serentak.

Momentum tersebut lanjut Faturahman, akan menjadi pesta demokrasi kesekian kalinya yang kita laksanakan di era pemilihan umum secara langsung, sehingga semakin meningkatnya kedewasaan politik masyarakat, maka kegiatan tesebut akan bisa terlaksana dengan baik, aman, lancar dan sukses. Meski demikian, kita tidak boleh lengah dan mengabaikan segala kemungkinan yang bisa saja terjadi dalam sebuah perhelatan yang melibatkan banyak orang dengan beragam kepentingan. “Kita juga perlu terus mendorong masyarakat untuk memberikan peran serta bagi tumbuhnya kesadaran politik dan demokrasi, sehingga perbedaan yang terjadi tidak menimbulkan gesekan-gesekan yang dapat menimbulkan perpecahan,” harapnya.

Menurutnya, setiap perbedaan pola pandang maupun pilihan dalam berpolitik merupakan suatu hal yang wajar dan itu menandai bahwa iklim demokrasi sudah berjalan dengan baik. Setelah berbagai persiapan dilaksanakan secara matang dan kerjasama yang sinergis diantara semua komponen sudah dibangun dengan baik, maka kita harus melengkapinya dengan berserah diri seraya berdoa dan memohon kepada Tuhan Yang Maha Kuasa. Karena hanya atas perkenan-Nya jualah, maka rencana yang sudah kita persiapkan dalam rangka pesta demokrasi bisa berjalan dengan lancar, aman dan sukses, serta bisa menghasilkan pemimpin dan wakil rakyat yang terbaik.

Berita Terpopuler

Simpan Dana BOS Sama Dengan Korupsi
News

Simpan Dana BOS Sama Dengan Korupsi

Kamis, 28 Maret 2019

pemerintahan


KPU Purworejo Pasang Jadwal Kampanye 24 Maret – 13 April
News

KPU Purworejo Pasang Jadwal Kampanye 24 Maret – 13 April

Selasa, 26 Maret 2019

pemerintahan


Menteri PUPR Serahkan 5 Ribu Sertifikat Tenaga Konstruksi
News

Menteri PUPR Serahkan 5 Ribu Sertifikat Tenaga Konstruksi

Jumat, 05 April 2019

Sedikitnya 5 ribu tenaga kerja konstruksi di delapan daerah di Jawa Tengah mendapatkan sertifikat te....