News

Atikoh Ganjar Pranowo Lantik Bupati Sebagai Kamabicab

Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Jawa Tengah Hj Atiqoh Supriyanti STp MT MPP yang juga istri Gubernur Jawa Tengah itu, melantik Bupati Purworejo H Agus Bastian SE MM sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Purworejo pada 5 tahun kedepan hingga 2023. Pelantikan berlangsung sangat khidmat, yang diawali dengan ucapan kesanggupan, pembacaan ikrar, dan kata pelantikan dengan memegang bendera merah putih didada kiri. Selain Bupati juga dikukuhkan sebagai Mabicab yakni Forkopimda, Ketua DPRD Luhur Pambudi ST MM, Wakil Bupati, Sekda, dan semua kepala OPD serta Direktur BUMD. Pelantikan dipusatkan di Pendopo kabupaten Purworejo.

Atiqoh Ganjar Pranowo mengucapkan selamat kepada Kamabicab dan terpilihnya Ketua Kwarcab juga jajaran pengurus Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo untuk masa bhakti 2018-2023 merupakan amanat dan tanggungjawab besar. “Maka, saya harapkan kepengurusan ini segera dapat melakukan konsolidasi internal. Soliditas ini sangat penting guna mendukung pelaksanaan tugas ke depan yang lebih baik. Dalam hal ini saya minta, program yang aplikatif dan sederhana saja, sehingga bisa membumi. Dengan demikian kiprah dan peran Gerakan Pramuka benar-benar bisa langsung dirasakan manfaatnya, baik oleh anggota, maupun masyarakat,” tandasnya.

Menurutnya, yang kemarin sudah baik ke depan gradenya dinaikkan. Contoh, kwarcab ini kondang dengan sebutan Kabupaten Pramuka, yang antara lain ditandai banyak prestasi di bidang kepramukaan, Selain itu rasa handarbeni pada Gerakan Pramuka juga kuat, ditandai pada setiap tanggal 14 di setiap bulan, semua jajaran di pemerintahan hingga peserta didik mengenakan seragam pramuka. Bahkan di sepanjang jalan kabupaten ini, di kanan kiri juga dipenuhi patung tunas kelapa, meski saat ini kondisinya banyak kurang terawat. Itu menunjukkan kontribusi yang kuat dari Kwarcab Purworejo.

Meski demikian lanjut Atiqoh, teruslah mengembangkan peran dan kontribusi secara maksimal melalui kreatifitas dan inovatif, untuk kemajuan Kwarcab Purworejo serta Kwarda Jateng.Tentu lebih dari itu masih banyak lagi peran yang bisa dilakukan kwarcab ini untuk mendukung kemajuan Kwarda Jateng dan pembangunan bangsa pada umumnya. Dengan berbagai disiplin ilmu dan bidang yang ditekuni, mari kita berusaha mendharma baktikan kemampuan bagi kemajuan pembangunan bangsa.

Bupati Agus Bastian SE MM juga mengucapkan terimaksih kepada Ketua Kwarda Atiqoh Ganjar Pranowo yang telah melantik Kamabicab dan jajaran Mabicab, bahkan Kwarcab Purworejo merupakan pelantikan yang pertama di Kwarda Jawa Tengah. “Ini akan menjadi penyemangat kami untuk terus meningkatkan kemajuan Pramuka. Termasuk peningkatan lokasi Bumi Perkemahan Arga Putra di Kelurahan Kedungsari, Kecamatan Purworejo yang akan dibangun. Dibangunnya bumi perkemahan sebagai arena kegiatan Pramuka dan Generasi Muda berupa  Heroes Park (Taman Kepahlawanan), dengan maksud selain sebagai fasilitasi sarana kegiatan perkemahan dan sejenisnya, juga diharapkan menginspirasi kaum muda Purworejo unttuk meneladani semangat pahlawan-pahlawan  bangsa. 

Selain itu lanjut Bupati, kegiatan kepramukaan yang senantiasa dilaksanakan berdasarkan Satya dan Darma Pramuka, sungguh-sungguh merupakan wahana pendidikan karakter kaum muda kita, baik sebagai pribadi maupun sebagai warganegara, calon-calon penerima estafet kepemimpinan NKRI. di masa yang akan datang. Sebagaimana tertuang dalam dalam AD – ART Gerakan Pramuka, tugas MABI antara lain memberikan bimbingan dan bantuan atau fasilitasi kegiatan Kwartir Cabang.

Sementara itu Ketua Kwarcab Drs Pram Prasetyo Achmad MM mengatakan, Pramuka kedepan memiliki tantangan, utamanya sebagai garda terdepan dalam rangka memberikan pembekalan dan pembinaan terkait menjaga nilai-nilai luhur dan dalam pengamalan Pancasila. Maka ke depan generasi muda, harus kita antarkan dengan pendidikan yang baik untuk menghadapi tantangan. Apalagi di era global generasi muda agar dapat memperoleh pendidikan karakter yang baik.

“Terkait Bumi perkemahan, kami sanagat berterimakasih kepada Pak Bupati yang mengabulkan pembangunan bumi perkemahan yang akan dipadu dengan heroes spark. Tentu kami dijajaran Kwarcab akan memanfaatkan Bumi perkemahan dengan sebaik-baiknya. Kwarcab bisa memberi kontribusi yang positif mengantar genrasi muda Purworejo memiliki bekal untuk masa yang akan datang,” jelas Pram Prasetyo.

Dalam pelantikan tersebut selain penandatanganan dan penyematan lencana Kamabicab oleh Atiqoh Ganjar Pranowo, juga menyanyikan lagu Bagimu Negeri serta Satya Darma Pramuka.

 

 

Berita Terpopuler

Simpan Dana BOS Sama Dengan Korupsi
News

Simpan Dana BOS Sama Dengan Korupsi

Kamis, 28 Maret 2019

pemerintahan


KPU Purworejo Pasang Jadwal Kampanye 24 Maret – 13 April
News

KPU Purworejo Pasang Jadwal Kampanye 24 Maret – 13 April

Selasa, 26 Maret 2019

pemerintahan


Menteri PUPR Serahkan 5 Ribu Sertifikat Tenaga Konstruksi
News

Menteri PUPR Serahkan 5 Ribu Sertifikat Tenaga Konstruksi

Jumat, 05 April 2019

Sedikitnya 5 ribu tenaga kerja konstruksi di delapan daerah di Jawa Tengah mendapatkan sertifikat te....