News

Kwarcab Purworejo Pimpin Upacara Di Temanggung

Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Purworejo yang juga sebagai Ketua Koordonator Wilayah (Korwil) Kedu  memimpin upacara penutupan kegiatan pesta siaga tingkat Korwil Kedu yang dipusatkan di Kwarcab Temanggung pada Sabtu sore (13/3). Bertindak sebagai pembina upacara Ketua Kwarcab Purworejo Drs Pram Prasetyo Achmad MM yang diwakili pengurus Kwarcab Soekoso DM SPd.

Sedangkan upacara pembukaan pada pagi, dipimpin istri Wakil Bupati Temanggung selaku anggota Majelis Cabang (Mabicab) Denty Eka Widi Pratiwi SE MH. Hadir pula Wakil Bupati Temanggung selaku Mabicab, dan sejumlah pengurus Kwarcab Purworejo Sumharjono SSos MM, Sukmo Widi Harwanto SH MH, Piyani SPd, Drs Tjuk Panuju, dan Basri MPd.

Dalam upacara penutupan Pram Prasetyo melalui Soekoso mengatakan, kegiatan pesta siaga tingkat Korwil Kedu merupakan ajang untuk saling memperkuat kegiatan Pramuka dan saling mengasah kemampuan, kedisiplinan, serta keterampilan yang dibalut dengan kegembiraan dan keceriaan. Pesta siaga tidak saja lomba dan bermain yang menyenangkan, namun juga mendidik anak-anak untuk cinta tanah air, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kawan, dan menjadi anak yang dapat tumbuh dengan mandiri.

Sehingga lanjut Soekoso, dengan gembira anak-anak akan dapat mengimplementasikannya setiap hari baik di rumah, sekolah, maupun di lingkungannya. “Tentu saja peran orangtua juga sangat penting dalam memberikan dukungan kepada anak-anak terkait dalam berkegiatan kepramukaan. Tak terkecuali para pembina Pramuka seperti Andalan Kwarcab dan Bapak Ibu guru dari Gugusdepan yang memiliki peran besar, bahkan dengan telaten dan sabar mendidik dan melatih anak untuk berlaga tingkat Korwil Kedu di Temanggung ini,” ujarnya.

Diharapkan, anak-anak Pramuka siaga ini akan dapat membawa nama harum Kabupaten/Kota nya serta membawa nama harum Korwil Kedu. “Selamat bagi yang meraih juara dan jangan kecil hati bagi yang belum mendapatkan juara, karena masih ada kesempatan untuk meraih kesuksesan. Sedangkan bagi juara untuk mempersiapkan diri baik fisik, mental, dan kemampuannya untuk maju ke tingkat Kwarda Provinsi Jawa Tengah,” harapnya.  

Sementara itu Piyani menjelaskan, untuk persiapan pelaksanaan pesta siaga ditingkat Kwarda Jateng akan dilakukan di Kwarcab masing-masing. Karena Kwarcab Purworejo selaku Ketua Korwil Kedu, maka Kwarcab Purworejo akan terus mengawal perkembangan hingga pada pelaksanaan pesta siaga di Provinsi Jateng yang rencananya akan dipusatkan di Pusat kegiatan kepramukaan (Puskepram) Candra Birawa Karenggeneng Gunung Pati Semarang, pada sekitar April mendatang.

Sementara itu Basri MPd melaporkan, kegiatan pesta siaga Korwil Kedu di Temanggung yang meraih juara umum yaitu Kwarcab Wonosobo. Yakni Barung Putra juara 1, 2, dan 3 diborong Kwarcab Wonosobo, dan Barung Putri juara 1 dan 2 diraih Wonosobo, juara 3 diraih Temanggung. Sedangkan Purworejo untuk Barung putrimenempati juara harapan.1 disusul Temanggung dan Kebumen. Untuk Barung putra juara harapan 2 diraih Purworejo, dan juara harapan 1 dan 3 diraih Temangung. “Perwakilan Kedu yang akan maju ke Kwarda yakni yang meraih juara 1, 2, dan 3 dari Barung putra dan putri,” jelasnya. 

Pada upacara penutupan tersebut juga diserahkan tropy dan piagam kepada Juara umum yakni Kwarcab Wonosobo dan semua juara, termasuk juara harapan.

Berita Terpopuler

Purworejo Fair 2019 Jakarta, Perkenalkan Potensi Purworejo
News

Purworejo Fair 2019 Jakarta, Perkenalkan Potensi Purworejo

Senin, 29 Juli 2019

Sejumlah tokoh Diaspora Purworejo yang tinggal di berbagai kota khususnya di Jakarta, bekerja sama d....


Bupati Resmikan Pasar dan Sekolah Dari Anggaran DD
News

Bupati Resmikan Pasar dan Sekolah Dari Anggaran DD

Selasa, 23 Juli 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM meresmikan dua proyek desa yang dibiayai menggunakan anggaran Da....


Berbagai Penghargaan Diserahkan Dalam Puncak Peringatan Harganas Kabupaten Purworejo
News

Berbagai Penghargaan Diserahkan Dalam Puncak Peringatan Harganas Kabupaten Purworejo

Selasa, 23 Juli 2019

Berbagai penghargaan dalam rangka peringatan Harganas, baik tingkat Kabupaten maupun Provinsi Jawa T....