News

Bupati Akan Seragamkan Batik Bagi ASN

Dalam upaya meningkatkan kecintaan terhadap batik lokal buatan Purworejo, Bupati Agus Bastian SE MM akan menyeragamkan batik bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purworejo. Juga sebagai upaya meningkatkan motivasi bagi Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang bergerak sebagai perajin batik, untuk terus meningkatkan kualitasnya.

Hal itu diungkapkan Bupati Agus Bastian SE MM pada pembukaan gebyar batik dan festival batik yang berlangsung di Pendopo kabupaten pada Kamis malam (28/2). Turut mendampingi Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Sekda Drs Said Romadhon, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Purworejo Hj Fatimah Verena Prihastyari SE, Kepala Dinas Perinaker Gatot Suprapto SH, dan dinas instansi. Pembukaan ditandai dengan pemukulan gong.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, berbagai upaya harus kita lakukan untuk menjaga eksistensi dan kelestarian batik, antara lain dengan meningkatkan kecintaan masyarakat terhadap produk batik kita sendiri. “Rencananya saya akan membuat seragam batik untuk seluruh ASN di Pemkab Purworejo. Ini untuk menghidupkan kerajinan batik Purworejo, maka harus dimulai dari kita dulu, sekaligus mempromosikan batik khas Purworejo,” tandasnya.

Disamping itu Bupati meminta, Dinperinaker agar terus melakukan pembinaan kepada para perajin batik, terutama meningkatkan kualitas, nilai kreatifitas, dan tetap menjaga kearifan lokal. “Juga yang terpenting berani bersaing, karena batik dipasaran sangat banyak pilihan. Termasuk memberikan pelatihan membatik, sehingga akan tumbuh kreasi-kreasi batik yang memiliki nilai jual. Diharapkan, masyarakat Purworejo mencintai batik sendiri dengan membeli dan mamakainya,” pinta Bupati.

Sementara itu Gatot Suprapto menjelaskan, gebyar batik dan festival untuk memeriahkan Hari Jadi Ke 188 Kabupaten Purworejo dan HUT ke 39 Dekranas. Dengan agenda malam ini lomba peragaan busana dan pameran gelar produk batik. Lomba peragaan busana diikuti perwakilan dari OPD, BUMD. Tujuannya untuk melestarikan batik, dan menanamkan kecintaan batik kepada generasi muda.

Sedangkan OPD yang meraih juara 1 hingga 3 dan juara harapan 1 hingga 3 antara lain  Sekretariat Daerah, Kecamatan Purworejo, Dinas Perumahan Permukiman dan pertanahan, Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Perwita Sari, serta Kecamatan Ngombol. Selain itu juga diambil kejuaraan Fotogenik diraih Kecamatan Kutoarjo, Juara favorit dimenangkan Bank Jateng, dan Juara busana terbaik diraih Bank Purworejo.

Berita Terpopuler

Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 Targetkan SAKIP dengan Kategori A
News

Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 Targetkan SAKIP dengan Kategori A

Rabu, 24 April 2019

Pemerintah Kabupaten Purworejo melaksanakan acara Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun 2019 bert....


Polres Purworejo Inisiasi Komitmen Bersama Pererat Persatuan
News

Polres Purworejo Inisiasi Komitmen Bersama Pererat Persatuan

Rabu, 24 April 2019

Polres Purworejo menggelar adanya Komitmen Bersama seluruh peserta Pemilu 2019 mulai dari Tim Sukses....


Bupati Purworejo Hadiri Haul di Pondok Pesantren An Nawawi Berjan
News

Bupati Purworejo Hadiri Haul di Pondok Pesantren An Nawawi Berjan

Senin, 22 April 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, hadiri Haul Al Mursyid Al Kholifah Lit Thoriqotil Qodiriyyah Wa....