Seputar Pembangunan

Perantau Purworejo Di Bandung Adakan Temu Kangen

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH didampingi Wakil Ketua DPRD Kelik Ardani SE, Kepala Dinparbud Agung Wibowo AP, dan Kabag Humas dan Protokol Setda Bambang Gatot Seno Aji SE MM dan  menghadiri Temu Kangen Perantau Keluarga Besar Purworejo, Minggu (10/2) pagi. Acara yang di gelar di Balai Diklat PT. KAI Bandung, dihadiri sedikitnya 500 perantau asal Purworejo yang berdomisili di Bandung.

Wabup Yuli dalam sambutannya merasa  berbahagia dapat hadir ditengah-tengah perantau asal Purworejo. Dia menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi atas digelarnya kegiatan temu kangen perantau Purworejo.

Dirinya berharap selain menjadi pengobat rindu kampung halaman, pertemuan ini bisa menjadi wahana silaturahmi dengan sesama perantau asal Purworejo. 

Menurutnya, penyeseuaian diri terhadap lingkungan memang sangat penting, agar harmoni sosial bisa senantiasa terjaga ditengah masyarakat. Namun demikian, manusia juga tidak bisa begitu saja melepaskan diri dari ikatan sejarah yang berdasarkan penahan darah, keturunan daerah asaI dan sejenisnya.

"Seperti pepatah "dimana bumi dipijak disitu langit dijunjung", sebagai makhluk sosial kita harus bisa menyesuaikan diri dimanapun kita berada," kata Wabup.

Sebagai bentuk penghormatan dan rasa cinta kepada tanah leluhur, perantau diharapkan tidak segan-segan untuk memberikan kontribusi baik dalam bentuk ide, pemikiran maupun bantuan fisik. Meskipun tidak terlibat langsung dalam proses pembangunan di Kabupaten Purworejo, karena jarak antara daerah perantauan dengan daerah asal yang jauh, namun keberadaan perantau diharapkan tetap bisa menjadi salah satu turbin penggerak pembangunan daerah.

"Kondisi seperti inilah yang menjadi harapan kita semua, bahwa perantau ataupun warga yang memiliki hubungan sosiokultural dengan Kabupaten Purworejo diharapkan dapat membantu pemerintah dan masyarakat di daerah," imbuh Wabup.

Lebih jauh Wabup mengatakan, banyak hal yang bisa disumbangkan oleh perantau, antara lain dengan mempromosikan potensi Kabupaten Purworejo kepada dunia luar. Semakin diharapkan banyak investor yang menanamkan modalnya di Kabupaten Purworejo, yang pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Terlebih pembangunan di wilayah Purworejo dan sekitarnya semakin pesat, antara lain dengan adanya pembangunan bandara NYIA. KSPN Borobudur dan Bendung Bener. "Mohon doanya agar semua program pembangunan di purworejo dapat berjalan dengan lancar dan membawa manfaat dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Purworejo," pungkasnya.

Sementara itu, Prof Sukrasno selaku panitia acara menyampaikan terima kasih atas perhatian dan kehadiran Wakil Bupati mewakili Pemkab Purworejo. Dirinya berharap kedepan masyarakat perantauan purworejo yg ada di Wilayah Bandung Raya bisa ikut berpartisipasi demi kemajuan Purworejo ke depan.

Acara temu kangen itu juga dirangkai dengan berbagai kegiatan seperti bazar kuliner dan pertunjukan seni jaran kepang serta tari ndolalak.

Berita Terpopuler

UPK DAPM Bangun Lapak Pedagang RTM Ketawangrejo
Seputar Pembangunan

UPK DAPM Bangun Lapak Pedagang RTM Ketawangrejo

Kamis, 08 Agustus 2019

Bupati Purworejo yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asisten II) Sekda Purworejo Drs Boed....