News

Kutoarjo Terbaik Devile POPDA

Ajang pertarungan olahraga yang dikemas dalam Pekan Olarahraga Daerah (POPDA) tingkat Kabupaten Purworejo mulai digelar hari ini Jum’at (8/2). Popda diawali upacara pembukaan yang menampilkan Devile dari 16 Pelayanan Pendidikan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Purworejo, di GOR WR Supratman. Penampilan Devile terbaik mendapatkan trophy yakni Juara I diraih PPK Kutoarjo, juara II PPK Banyuurip, dan juara III diraih PPK Kaligesing.

Masing-masing Trophy diserahkan langsung oleh Bupati Purworejo yang diwakili Sekretaris Daerah Drs Said Romadhon, didampingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Sukmo Widi Harwanto SH MM. Hadir pula Kabag Humas Protokol Bambang Gatot Seno Aji SE MM dan dinas instansi terkait.

Dalam pembukaan Popda tersebut Sekda Drs Said Romadhon mengatakan,  POPDA merupakan salah satu pilar pembinaan olahraga nasional, dimana dari ajang tersebut sering muncul atlet-atlet berbakat dan berprestasi. Oleh karena itu, POPDA hendaknya tidak hanya menjadi agenda rutin tahunan semata, namun harus menjadi titik lanjut pembibitan dan pembinaan olahraga yang harus dilaksanakan dengan konsisten. Melalui POPDA ini, diberharap akan terjaring bibit-bibit potensial atlet pelajar berbakat yang akan dibina lebih lanjut, agar dapat berprestasi.

Sekda mengatakan, sebagai bagian dan olahraga pendidikan, POPDA merupakan wahana memperoleh pengetahuan, kepribadian, keterampilan, serta kesehatan dan kebugaran, sekaligus juga dapat mengembangkan minat dan bakat di bidang olahraga. Satuan pendidikan dalam konteks keolahragaan, diharapkan mampu memantau, menggali, dan membina potensi pelajar. Paradigma keolahragaan yang harus dibangun yakni bagaimana atlet-atlet pelajar kita mampu berprestasi di tingkat regional bahkan nasional.

“Para atlet pelajar yang hadir saat ini tentunya datang dengan satu tekad yakni bertanding dan meraih prestasi tertinggi. Sudah barang tentu prestasi tersebut hendaknya kalian raih dengan cara-cara yang terdidik dan terhormat, serta menjunjung tinggi nilai-nilai sportivitas Untuk itu, hindari hal-hal yang dapat merusak citra pelajar dan menodai makna berolahraga,” tandas Sekda.

Sementara itu Sukmo Widi Harwanto SH MM melaporkan, POPDA tingkat kabupaten Purworejo ini akan dilaksanakan selama dua pekan lebih, hingga Senin 25 Pebruari mendatang. Dengan peserta dari SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA se Kabupaten Purworejo. Masing-masing peserta akan mengikuti perlombaan dengan 15 cabang pertandingan olahraga.

“Antara lain atletik, bola basket, bolavolly, sepak bola, sepak takraw, panahan, bulu tangkis, tenis meja, tenis lapangan, senam, renang, karate, tae kwon do, pencak silat, dan bola pasir. Tujuan pelaksanaan Popda ini selain mencari bibit berprestasi dalam olahraga, juga meningkatkan rasa persatuan dan kesatuan antar pelajar di Kabupaten Purworejo,” jelas Sukmo.

Dalam pembukaan POPDA tersebut, Sekda menandai dimulainya pelaksanaan beraneka ragam perlombaan dengan pemukulan drumband. Bahkan tampilan yang memukau juga disajikan selain devile seperti kepiawaian pelajar SD dalam bermain menggunakan sepatu roda, penampilan polisi kecil, drumband dari SMK, dan penampilan sepasang pelajar yang bertanding olahraga tinju.   

Berita Terpopuler

Bupati Tinjau Lokasi Banjir Butuh dan Grabag
News

Bupati Tinjau Lokasi Banjir Butuh dan Grabag

Kamis, 17 Januari 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM didampingi Dandim 0708 Purworejo Letkol Inf Muchlis Gasim SH MSi....


 843 Calon Kades Siap Kalah Siap Menang
News

843 Calon Kades Siap Kalah Siap Menang

Rabu, 23 Januari 2019

pemerintahan


1000 Personil Siap Amankan Pilkades
News

1000 Personil Siap Amankan Pilkades

Selasa, 29 Januari 2019

pemerintahan