News

Fatimah Verena Prihastyari Minta Dana PKK Ditingkatkan

Hj Fatimah Verena Prihastyari SE meminta pemerintahan desa dapat menaikan anggaran untuk kegiatan PKK desa. Apalagi gerakan PKK melalui 10 program pokok PKK sejalan dengan pemerintah, sehingga sebagai mitra pemerintah PKK harus mendapat dukungan pemerintah desa. Bahkan dengan terbitnya Peraturan Presiden (Perpres) No 99/2017 tentang Gerakan pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, tentu ini bisa sebagai acuan untuk dukungan kelancaran berkaitan anggaran.

Hal tersebut diungkapkan Fatimah Verena Prihastyari selaku istri Bupati, pada kegiatan anjangsana Bupati di 8 desa di wilayah Kecamatan Grabag Kamis (24/1). Fatimah selaku istri Bupati mengaku prihatin dengan anggaran PKK di tingkat desa yang masih sangat kurang. Bahkan ada desa yang anggaran untuk kegiatan PKK sebesar Rp 5 juta dalam satu tahun. “Tentu harapannya dengan adanya Perpres, PKK akan dapat lebih diperhatikan lagi, demi kesejahteraan keluarga yang pada skup besar untuk kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Dalam kunjungannya mendampingi Bupati, Fatimah juga menyempatkan untuk menanyakan berbagai hal antara lain, agenda rutin pelaksanaan pertemuan PKK desa setiap bulan,  kegiatan pemberdayaan anggota PKK, juga pelatihan keterampilan PKK, serta keberadaan Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di desa, terutama terkait fasilitas PAUD maupun jumlah anak-anak PAUD. “Kegiatan PKK agar rutin dilaksanakan, termasuk ketertiban administrasi PKK beserta data dukungnya. Karena administrasi merupakan kelengkapan dan laporan kegiatan,” jelas Fatimah.  

Bupati Agus Bastian juga mengungkapkan, akan pentingnya keberadaan PKK yang tentunya juga harus diimbangi dengan peningkatan dana untuk memperlancar kegiatan PKK di desa. “Kalau saya menyarankan, mungkin desa bisa menganggarkan Rp.30 juta untuk kegiatan PKK selama satu tahun. Dengan jumlah ini saya rasa akan sangat membantu, mengingat kegiatan PKK banyak yang terangkum dalam 10 program pokok PKK. Bahkan PKK juga membantu kemajuan desa,” tandas Bupati.

Sementara itu Dede Ketua TP PKK Kecamatan Grabag Dra Dede Yeni Iswantini mengatakan, PKK desa terutama di 8 desa sangat mendukung kegiatan PKK kabupaten maupun kecamatan. “Bahkan dengan kehadiran langsung Ibu Fatimah, sudah sejak lama dinanti untuk menyampaikan tentang kendala pelaksanaan PKK di tingkat desa. Apalagi dalam hal anggaran PKK, sering kurang mendapat perhatian, sehingga tidak heran jika PKK anggarannya sangat minim. Namun dengan adanya Perpres No 99/2017, dan saran Bapak Bupati serta Ibu Fatimah, semoga anggaran PKK desa dinaikkan lebih besar dari tahun sebelumnya,” kata Dede Yeni.   

Berita Terpopuler

Bupati Anjangsana ke Desa-Desa di Loano
News

Bupati Anjangsana ke Desa-Desa di Loano

Kamis, 22 Agustus 2019

Ditengah kesibukan dan jadwalnya yang padat, Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM kembali menyempatka....


Upacara peringatan HUT ke 74 RI Di Purworejo Berlangsung Khidmat
News

Upacara peringatan HUT ke 74 RI Di Purworejo Berlangsung Khidmat

Rabu, 21 Agustus 2019

Upacara peringatan HUT ke 74 Republik Indonesia Tingkat Kabupaten Purworejo dipusatkan di Alun-alun ....


Diikuti 51 Kelompok, Karnaval Umum Berlangsung Meriah
News

Diikuti 51 Kelompok, Karnaval Umum Berlangsung Meriah

Rabu, 21 Agustus 2019

Karnaval umum berlangsung meriah