News

LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH sangat apresiasi atas partisipasi Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) Kabupaten Purworejo yang akan turut mensukseskan Pemilu 2019. Seperti yang terangkum dalam kegiatan tasyakuran HUT ke 62 LVRI yang mengambil tema LVRI bertekad mensukseskan Pemilu dengan menjaga persatuan dan kesatuan demi tetap tegaknya NKRI. Dengan tema ini, mengingatkan kita semua untuk mensukseskan Pemilihan umum (Pemilu) yang akan dilaksanakan pada 17 April 2019 mendatang.

Apresiasi itu disampaikan Yuli Hastuti dihadapan para pengurus dan anggota LVRI Kabupaten Purworejo pada tasyakuran HUT LVRI di Rumah Makan Boro Banyuurip, Rabu (9/1). Hadir pula Ketua Persatuan Purnawirawan Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (Pepabri) Purworejo Sudomo, Anggota DPD RI asal Jawa Tengah Bambang Sadono, Kepala Admin Veteran dan Cadangan IV/13 Purworejo, Kasdim 0708 Purworejo, dan Waka Polres Purworejo.

Lebih lanjut Wabup Yuli Hastuti mengatakan, Pemilu 2019 akan menentukan pemimpin negara dan perwakilan rakyat pada lima tahun kedepan. Yakni pemilihan Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPR RI, anggota DPRD provinsi, DPD, serta anggota DPRD kabuptaen/kota. Untuk itu harus benar-benar menentukan pemimpin yang akan membawa kemajuan pembangunan pada lima tahun hingga 2023 mendatang.

“Saya percaya Bapak Ibu LVRI ini sudah sangat cermat dalam tata cara memilih yang benar, maka saya titip pesan agar Bapak Ibu memberikan pemahaman terutama bagi para pemilih pemula dan Lansia. Terkait dalam melakukan pencoblosan, supaya bisa benar dan syah. Silahkan memilih siapapun yang akan dipilih. Meski berbeda pilihan namun persatuan dan kesatuan harus tetap menjadi pegangan kita semua,” tutur Yuli Hastuti.

Disamping itu Yuli Hastuti juga meminta doa dan dukungan LVRI dengan akan digelarnya Pilihan kepala desa (Pilkades) serentak dalam sehari yang akan dilaksanakan di 343 desa se Kabupaten Purworejo. Pilkades serentak dengan jumlah desa yang cukup banyak itu, baru pertama di Kabupaten Purworejo yang akan dilaksanakan pada 31 Januari mendatang. “Karena itu mohon doanya agar pelaksanaan Pilkades dapat berlangsung sesuai harapan baik sebelum pemilihan, saat pemilihan, maupun paska Pilkades,” harap Yuli Hastuti.

Sementara itu Ketua Markas Cabang LVRI Purworejo Mayor (Purn) Ngadimin mengatakan, LVRI akan turut mensukseskan Pemilu 2019 dengan mengajak masyarakat tetap menjaga situasi yang kondusif dan saling menjaga perasaan meski berbeda pilihan politik, sehingga jangan sampai terjadi konflik horizontal. Meski demikian, seandainya terjadi konflik horizontal, maka anggota veteran yang ada di sekitarnya akan segera berbuat untuk menetralisir.

“Semua anggota veteran aktif di manapun berada, sesuai dengan Panca Marga bahwa veteran selalu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Di masyarakat selalu menenangkan, ikut membantu pemerintah menenangkan konflik-konflik yang ada, dinetralisir. Kalau terjadi konflik, kita damaikan, kita sadarkan untuk memperkuat mempererat rasa persatuan dan kesatuan, sehingga NKRI akan tetap terjaga,” kata Ngadimin saat di mintai keterangan usai tasyakuran.

Ngadimin menegaskan, LVRI tidak berpihak kepada salah satu partai politik. LVRI selalu membantu pemerintah untuk menenangkan masyarakat. Meski anggota LVRI juga mempunyai hak dipilih dan memilih, namun ketika sudah berpakaian veteran maka tidak ada lagi anggota veteran yang membawa partai politik. “Boleh dicalonkan tapi tidak boleh membawa nama veteran,” tuturnya.

Dijelaskan Ngadimin, jumlah anggota LVRI di Purworejo cukup banyak, tetapi yang masih bisa aktif sekitar 150-200 orang. Sedangkan yang lain sudah tidak aktif karena usia dan kondisi kesehatan. Untuk anggota LVRI di Purworejo yang kategori pejuang kemerdekaan masih ada 19 orang. Dua di antaranya memiliki tanda jasa bintang gerilya dan bintang-bintang penghargaan lainnya dari negara.

Berita Terpopuler

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi
News

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi

Selasa, 18 Juni 2019

pemerintahan


Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa
News

Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa

Rabu, 19 Juni 2019

pemerintahan


Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan