Seputar Pemerintahan

Buat KTP, Sekarang Bisa Dilayani Di Kecamatan

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo meluncurkan program mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan dan pemanfaatan data kependudukan di 16 Kecamatan Tahun 2018. Mulai sekarang, masyarakat bisa membuat KTP dan mendapatkan seluruh pelayanan administrasi kependudukan cukup dengan datang ke Kantor Kecamatan.

Peluncuran program tersebut secara simbolis dilakukan oleh Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM di Pendopo Kecamatan Purwodadi, Kamis (29/11) pagi. Turut hadir Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Kasdim 0708 Purworejo Mayor Inf Sulistyono, Kabag Sumda Kompol Mangarif SH MH, Sekda Purworejo Drs Said Romadhon, Kepala Disdukcapil Dr Akhmad Kasinu MPd dan seluruh camat se Kabupaten Purworejo.

Bupati saat memberikan sambutan mengatakan, progran yang di luncurkan oleh Disdukcapil sesungguhnya merupakan program yang biasa. Hal itu karena memang sudah menjadi tugas pemerintah untuk melayani masyarakat, khususnya pelayanan surat menyurat seperti KTP, dan pelayanan administrasi kependudukan lainnya.

“Kedepan kalau bisa tidak hanya sampai kecamatan tetapi sampai kelurahan. Sebisa mungkin di sambungkan sampai kelurahan, sehingga masyarakat tidak perlu repot datang ke kecamatan. Apalagi melihat juga banyak desa-desa yang jauh dari kantor kecamatan,” kata Bupati.

Bupati menambahkan, program ini dimaksudkan selain untuk memberikan pelayanan yang lebih cepat juga untuk menghindari praktek-praktek percaloan.

“Ngurus KTP saja pake calo, lebih baik kerjasama dengan pihak desa akan lebih baik. Nanti biar pihak desa yang akan mengurus ke Kecamatan,” ujarnya.

Tidak hanya KTP, dirinya berharap pelayanan administrasi kependudukan lainnya juga dapat cepat pelayanannya. Bupati juga meminta agar alat-alat pelayanan yang ada di Kecamatan untuk selalu diupdate teknologinya. Jika diperlukan, Disdukcapil dapat mengusulkan pengangarannya demi memberikan pelayanan yang lebih dekat, lebih cepat gratis dan tidak bertele-tele.

“Saya kira Disdukcapil memiliki komitmen yang kuat terhadap pelayanan yang cepat, yang bermanfaat bagi warga masyarakat se Kabupaten Purworejo,” ungkapnya.

Kepala Disdukcapil Dr Akhmad Kasinu MPd usai acara mengatakan, pihaknya telah meluncurkan pemanfaatan data kependudukan sekaligus mendekatkan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat di masing-masing kecamatan.

Kasinu menjelaskan jika dahulu administrasi kependudukan memang pernah dapat dilayani di kecamatan. Namun, sejak ada e-ktp kewenangannya ditarik ke Disdukcapil. Sekarang Disdukcapil telah menata kembali, agar pelayanan adiminstrasi kependudukan dapat didekatkan kepada masyarakat yang membutuhkan.

Dikatakan Kasinu bahma mulai hari ini di seluruh kecamatan sudah siap dioperasikan dan siap menerima layanan administrasi kependudukan. Meskipun peralatan yang digunakan merupakan alat lama yang dimodivikasi disesuaikan dengan kondisi eksisting perkembangan teknologi, namun siap dipakai dan sudah diuji coba sejak hari senin kemarin.

“Dalam pembuatan e-ktp lima menit siap, jika sudah melakukan perekaman sebelumnya. Namun jika melakukan proses dari awal mulai perekaman sampai jadi membutuhkan waktu sekitar setengah jam. Semua pelayanan di Disdukcapil gratis, ada 23 pelayanan di Disdukcapil semuanya gratis tidak boleh ada pungutan apapun,” terang Kasinu.

Terkait bahan pembuatan administrasi kependudukan, Kasinu mengungkapkan semua bahan siap tersedia di Disdukcapil. Kecuali untuk Kartu Identitas Anak (KIA) yang bahannya baru dianggarkan pada tahun 2019. Diperkirakan pada awal tahun 2019, pihaknya sudah bisa melayani pembuatan KIA.

“Untuk KIA, kami sudah terhubung secara online ke 114 desa, 16 kecamatan, 11 Rumah Sakit dan 27 Puskesmas. Jika ada peristiwa kelahiran disitu, langsung upload data ke Kabupaten, kita proses dan bisa langsung kita berikan sekaligus perubahan KK nya,” imbuhnya.

Dirinya berharap kedepan agar semua data masyarakat dapat falid. Pihaknya juga berkomitmen, siap untuk mempercepat proses pelayanan administrasi kependudukan yang lain.

“Harapan kami masyarakat semakin mudah mengurus administrasi kependudukan tidak harus ke Kabupaten cukup ke kecamatan,” pungkasnya.

Berita Terpopuler

ASN Harus Terus Belajar
Seputar Pemerintahan

ASN Harus Terus Belajar

Kamis, 25 April 2019

Dalam rangka upaya peningkatan dan pengembangan SDM Aparatur, tidak ada alasan bagi ASN untuk tidak ....


Bupati, Kapolres, Dandim Jadi Irup Bersama Apel Gelar Pasukan Pemilu 2019
Seputar Pemerintahan

Bupati, Kapolres, Dandim Jadi Irup Bersama Apel Gelar Pasukan Pemilu 2019

Senin, 25 Maret 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, Kapolres Purworejo AKBP Indra Kurniawan Mangungsong SH SIK, Dan....