News

Kapolres Pimpin Upacara Hari Pahlawan

 Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetya SIK memimpin upacara peringatan Hari Pahlawan ke 73/2018 tingkat Kabupaten Purworejo.  Selain upacara Kapolres juga pimpin ziarah di Taman Makam Pahlawan Projo Handoko Loyo. Upacara yang dipusatkan di Alun-alun Purworejo pada Sabtu (10/11) itu, dihadiri Forkopimda, Ketua DPRD Luhur Pambudi ST MM, Sekda Drs Said Romadhon, TNI, Polri, Veteran, Ormas, pelajar, Pramuka, dan dari berbagai elemen masyarakat.

Kapolres dalam sambutannya yang membacakan amanat Menteri Sosial RI Dr Agus Gumiwang Kartasasmita MSi mengatakan, peringatan Hari Pahlawan tahun 2018 untuk memperkuat nilai-nilai kepahlawanan, mempertebal rasa cinta tanah air dan meneguhkan semangat pengabdian bagi bangsa dan negara di hati sanubari bangsa Indonesia. Peringatan Hari Pahlawan bukan semata sebuah acara namun harus sarat makna, bukan hanya sebagai prosesi namun subtansi setiap peringatan Hari Pahlawan harus dapat menggali dan memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.

“Hal ini penting karena nilai kepahlawanan bukan bersifat sfafis namun dinamis, bisa menguat bahkan dapat melemah. Untuk itu, kiranya seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari pahlawan harus menjadi energi dan semangat baru mewarisi nilai kejuangan dan patriotisme dalam membangun bangsa Indonesia”, tuturnya.

Dikatakan, Tema Hari Pahlawan “Semangat Pahlawan Di Dadaku” mengandung makna sesuai fitrahnya dalam diri setiap insan tertanam nilai-nilai kepahlawanan, oleh karenanya siapapun dapat menjadi pahlawan, setiap warga negara lndonesia tanpa kecuali dapat berinisiatif mengabdikan hari yang bermanfaat untuk kemashlahatan diri, lingkungan sekitar, bagi bangsa dan negara.

Oleh karena itu seluruh komponen bangsa diminta untuk menjadikan momentum peringatan Hari Pahlawan ini dapat melahirkan ide dan gagasan mentransformasikan semangat pahlawan menjadi keuletan dalam melaksanakan pembangunan. Mentransformasikan keberanian melawan penjajah menjadi inspirasi mengusir musuh bersama bangsa saat ini antara lain kemiskinan. “Selanjutnya transformasi kecerdikan para pahlawan dalam mengatur strategi, menjadikan inspirasi rakyat lndonesia untuk melakukan inovasi cerdas memperkuat daya saing bangsa dalam pergaulan dunia”, tandasnya.

Usai upacara dilanjutkan upacara ziarah di TMP Projo Handoko Loyo di Lugosobo Gebang yang diawali dengan doa, dilanjutkan tabur bunga pada sekitar 400 makam yang dilakukan secara bersamaan oleh semua peserta upacara.

Berita Terpopuler

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah
News

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah

Kamis, 28 Februari 2019

pemerintahan


Pramuka Agar Teladani Baden Powell
News

Pramuka Agar Teladani Baden Powell

Selasa, 26 Februari 2019

pemerintahan


Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota
News

Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota

Selasa, 05 Maret 2019

pemerintahan