News

DWP Bantu Peralatan Pembuatan Criping

 

Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kabupaten Purworejo memberikan bantuan berupa peralatan pembuatan criping serta peralatan penggorengan untuk kelompok wanita (Klomwan) di Desa Somorejo Kecamatan Bagelen. Pemberan bantuan diserahkan Ketua Bidang Sosial budaya (Sosbud) DWP kabupaten Ny Yuli Astuti Sutrisno pada kegiatan pelatihan ekonomi produktif, di aula Balai Desa Somorejo Bagelen.

Bantuan diterima Ketau TP PKK Desa Somorejo Ny Supangat yang juga didampingi Ketua DWP Kecamatan Bagelen Ny Rohadi. Kegiatan yang berlangsung pada Jum,at  kemarin,  juga dihadiri pengurus bidang Sosbud DWP Kabupaten Purworejo, Ny Ami Slamet, Ny Dewi Karsiyadi , Ny Bambang Wahyudi, Ny Fauzi Baraba, dan Sri Wiyani.

Dalam sambutannya Ny Yuli Astuti Sutrisno mengatakan, pemberian bantuan ini sebagai upaya DWP kabupaten dalam menyemangati kelompok wanita Desa Somorejo untuk mandiri secara ekonomi. Desa Sidodadi ini masuk dalam program terpadu pemberdayaan masyarakat yang  berprespektif gender (2MBG). Sehingga DWP kabupaten juga ingin berperan untuk memajukan masyarakat menuju kesejahteraan, selain bantuan peralatan juga sekaligus memberikan pelatihan. Pelaksanaan pelatihannya langsung praktek dengan membuat berbagai aneka criping.

Lebih lanjut Ny Yuli Astuti Sutrisno mengharapkan, pelatihan ini agar ditindaklanjuti dengan memulai mengawali usaha. Tentu tidak harus langsung produksi besar, tapi bisa dari kecil dulu. Terutama dengan menggali potensi yang ada. Banyak bahan baku disekitar kita yang dapat diolah dan menghasilkan rupiah. Apalagi Desa Somorejo juga berdekatan dengan dibangunnya bandara internasional. Tentu harus dapat menangkap peluang adanya bandara, dengan berkreatif mengolah potensi yang ada.

 Ketua penyelenggara Ny Ami Slamet melaporkan kegiatan pelatihan ekonomi produktif bertujuan, untuk  meningkatkan kemampuan kelompok wanita Desa Somorejo dalam mengolah pangan dari bahan baku lokal. Seperti membuat criping pare, criping pisang, tempe kripik, sale pisang. Selain pelatihan mengolah juga packing makanan.

Sementara itu Ketua DWP Kecamatan Bagelen NY Rohadi mengharapkan, supaya Klomwan Somorejo dapat meneruskan pelatihan ini dengan berkreasi mengolah pangan. Juga ditularkan lingkungannya masing-masing lewat pertemuan-pertemuan maupun lewat kegiatan lainnya. “Saya mohon tidak berhenti pada pelatihan saja, namun agar diwujudkan sebagai peluang usaha sehingga dapat meningkatkan ekonomi keluarga yang nantinya akan menjadikan kesejahteraan keluarga,” katanya.

Selain penyerahan bantuan tersebut, dilanjutkan pelatihan pembuatan aneka criping dan pelatihan pembuatan sale pisang dengan memanfaatkan bahan baku lokal yang tersedia di Desa Somorejo.Peserta langsung praktek yang dipandu Ny Endah.    

Berita Terpopuler

LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019
News

LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan


Tata Boga Miliki Peran Strategis
News

Tata Boga Miliki Peran Strategis

Senin, 14 Januari 2019

pemerintahan


Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan
News

Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan