Seputar Aneka Ragam

Bursa Inovasi Desa 2018 Pacu Desa Lebih Kreatif Dan Inovatif

Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH membuka secara resmi Bursa Inovasi Desa 2018 Kabupaten Purworejo di Gor WR Soepratman, Selasa (30/10). Bursa inovasi desa merupakan bagian atau tahapan dari program inovasi desa, yang diluncurkan agar pengelolaan dana desa (DD) bisa berkualitas.

Hadir Kepala Bidang Pemberdayaan Masyarakat Dispermasdesdukcapil Provinsi Jawa Tengah Nadi Santoso SP MM, Ketua DPRD Luhur Pambudi SE MT beserta Forkopimda, Sekda Drs Said Romadhon, Kepala OPD terkait, Lurah, Carik dan Ketua Badan Pemusyawarahan Desa (BPD)  se Kabupaten Purworejo serta pendamping desa.

Nadi Santoso mengungkapkan bahwa penggunaan DD di Provinsi Jawa Tengah, termasuk Kabupaten Purworejo masih monoton dan belum inovatif. Berdasarkan data yang dimiliki oleh Dinpermadesdukcapil Provinsi Jawa Tengah diketahui bahwa lebih dari 90 persen DD hanya digunakan untuk infrastruktur dasar.

“Dari catatan kami, hampir 90 persen DD di Jawa Tengah digunakan untuk infrstrutur dasar, seperti jembatan, aspal dan lain sebagainya. Untuk Purworejo sendiri sudah berjalan cukup baik dalam pelaksanaan DD. Namun masih perlu lebih didorong untuk melakukan inovasi yang lebih baik lagi,” kata Nadi.

Padahal, lanjutnya, infrastruktur bukan menjadi satu-satunya kategori pemanfaatan DD. Sedikitnya ada 2 kategori lain penggunaan DD agar pemanfaatannya lebih merata, yakni bidang kewirausahaan yang berkaitan dengan peningkatan ekonomi dan bidang peningkatan sumber daya manusia yang antara lain berkaitan dengan pendidikan dan kesehatan.

“Infrastruktur tetap penting, tapi penekanannya yang betul-betul untuk kesejahteraan masyarakat. Saya kira 3 kategori itu yang akan terus kita dorong,” jelasnya.

Lebih lanjut pihaknya berharap, adanya Bursa Inovasi Desa dapat menjadi pemacu desa untuk lebih kreatif dan inovatif. Dalam kegiatan tersebut, desa-desa yang sudah baik dalam pemanfaatan dana desa dapat memberikan informasi atau contoh bagi desa lain yang masih monoton.

“Hari ini harusnya akan memunculkan komitmen dari desa yang meniru dan memodifikas program dari desa-desa lainnya yang mempunyai praktik cerdas atau baik. Harapannya ditahun 2019 sudah dapat terbiayai oleh Dana Desa, sehingga DD itu dalam penggunaannya nanti bisa berkualitas tentunya untuk kesejahteraan masyarakat desa,” imbuhnya.

Dalam Bursa Inovasi Desa ini, nanti desa-desa akan melihat praktik cerdas yabg sudah dilakukan oleh desa lainnya. Mereka akan mengidentifikasi mana yang sekiranya akan ditiru.

“Namun yang perlu diperhatikan, ketika meniru atau mereplikasi harus disesuaikan dengan potensi yang ada didesanya masing-masing. Desa harus mampu memahami potensi yang dimiliki,” pungkasnya.

Plt kepala Dinpermades Kabupaten Purworejo Sumharjono SSos MM selaku ketua penyelenggara menjelaskan, kegiatan ini merupakan kegiatan yang pertama kali dilakukan dan diharapkan dapat terus berlanjut. Dengan adanya kegiatan ini, desa se Kabupaten Purworejo akan barter atau saling memberikan informasi dimana nantinya kegiatan akan disinergikan

“Desa dapat fokus dalam mengembangkan bidang yang ada di desanya. Ada tiga bidang utama yang dikembangkan yakni infrastruktur, ekonomi lokal dan peningkatan SDM desa,” tandas Sumharjono.

Wakil Bupati dalam sambutannya berharp dengan Program Inovasi Desa dapat mempercepat upaya pengentasan rakyat dari kemiskinan. Sebab Undang-Undang Desa juga telah mengamanatkan agar desa-desa di Indonesia menjadi lebih mandiri. Kemandirian desa dalam hal ekonomi, antara lain dapat diupayakan lewat ide-ide kreatif dan inovatif yang muncul di tengah masyarakat.

“Program Inovasi Desa diharapkan dapat menjawab kebutuhan desa-desa terhadap layanan teknis yang berkualitas dan merangsang munculnya inovasi dalam praktik pembangunan serta solusi inovatif untuk menggunakan Dana Desa secara tepat dan seefektif mungkin,” ujar Wabup.

Berita Terpopuler

Bupati Lepas Jamaah Calon Haji Kabupaten Purworejo
Seputar Aneka Ragam

Bupati Lepas Jamaah Calon Haji Kabupaten Purworejo

Selasa, 09 Juli 2019

Tingginya keinginan masyarakat untuk menunaikan ibadah Haji menyebabkan panjangnya antrean untuk dap....


Bupati Buka Bursa Inovasi Desa 2019 Kecamatan Grabag
Seputar Aneka Ragam

Bupati Buka Bursa Inovasi Desa 2019 Kecamatan Grabag

Kamis, 08 Agustus 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM membuka secara resmi Bursa Inovasi dan Grabag Gayeng Ekspo Spekt....