News

51 Mahasiswa Akper Diwisuda, 2 Langsung Diterima Di Jepang

 Sebanyak 51 mahasiswa yang merupakan lulusan dari Akademi Keperawatan (Akper) Pemerintah Kabupaten Purworejo, mengikuti wisuda angkatan ke XIV Bahkan 2 dari 51 wisudawan dinyatakan diterima di salah satu Rumah Sakit di Jepang. Wisuda yang dipusatkan di Gedung Wanita Purworejo pada Sabtu (27/10) itu dilakukan Direktur Akper Pemkab Purworejo Wahidin SKep Ns MKep.

            Dalam keterangannya Wahidin mengatakan, mahasiswa yang mengikuti wisuda ini lulusan tahun akademik 2017/2018 yang berjumlah 51 orang dengan rincian 44 orang perempuan dan tujuh orang laki-laki. Kesemuanya telah menyelesaikan program pendidikan Diploma III di Akper. Selain diwisuda juga pengambilan sumpah profesi untuk seluruh wisudawan yang dilakukan oleh Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Provinsi Jawa Tengah.

            Sedangkan yang dua orang sudah dinyatakan lolos seleksi untuk ditempatkan di salah satu Rumah Sakit di Jepang. Masing-masing setelah wisuda langsung akan mengikuti pembekalan di LPK Hikari Yogyakarta sekitar 3 bulan. “Kami memang melakukan MoU tentang perekrutan lulusan Akper ini dengan Rumah Sakit Jepang, Rumah Sakit Hospital Jakarta. Rencananya ke depan akan menjalin MoU dengan sejumlah Rumah Sakit yang lain. Dengan harapan lulusan Akper dapat mengimplementasikan ilmunya di Rumah sakit-rumah sakit,” jelas Wahidin.

            Menurutnya, Akper juga menjalin kerjasama dalam melaksanakan praktek antara lain dengan RSUD Dr Tjitrowardojo Purworejo, RSUD Wates, RST dan RSJ Magelang, RSUD Kebumen, serta RSUD Prembun. “Praktek di berbagai RS tersebut, selain mempraktekkan ilmu keperawatan juga untuk menambah ilmu dan sebagai pengalaman yang sangat berharga, untuk kelanjutannya setelah mahasiswa lulus dari Akper,” harapnya.  

Wahidin menambahkan, wisudawan terbaik angkatan ke-XIV ini diraih Dwi Lestari dengan IPK 3,68, Hilda Ayu Cahyaning Pramesti dengan IPK 3,65, dan Zeni Toyyibatus Sa’adiyah dengan IPK 3,58. Di Akper juga ada pemberian beasiswa dari Yayasan Manggala Praja Adi Purwa Purworejo sebanyak 18 orang, BRI sebanyak 2 orang, dan Dikti (Beasiswa PPA) sebanyak 3 orang.

Wisuda Akper tersebut, juga dihadiri Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Ketua Yayasan Manggala Praja Adi Purwa Purworejo Drs H Bambang Aryawan MM, Ketua Persatuan Perawat Nasional Indonesia Provinsi Jawa Tengah Edi Wuryanto SKep Ns MKep, dan sejumlah pengurus Akper serta sejumlah pejabat Pemkab Purworejo.

Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengucapkan selamat para wisudawan wisudawati telah memasuki fase kehidupan yang lebih berwawasan akademik, yang harus ditunjukkan dalam pemikiran dan tindakan yang professional dan lebih maju. Para wisudawan agar memiliki sifat dan sikap yang profesional dalam bidangnya, dengan demikian akan mampu melihat berbagai interaksi dan mengambil posisi, sikap dan pandangan yang tepat untuk menghadapi persaingan pada saat ini dan di masa mendatang.

Yuli Hastuti mengingatkan, agar para wisudawan juga memiliki dasar-dasar mentalitas yang tangguh untuk selalu memikirkan masa depan dengan sebaik-baiknya serta mampu menempatkan diri, mampu membangun semangat dan kreativitas, menanamkan rasa keimanan dan ketaqwaan serta menumbuhkan harapan-harapan dalam melaksanakan aktivitas untuk meningkatkan kemajuan pembangunan.

“Saya berpesan agar para wisudawan Akper selalu berupaya meningkatkan kualitas diri sebagai sumber daya manusia yang unggul dan dapat diandalkan, yang melandasi tugasnya dengan nilai-nilai luhur, berkepribadian serta berakhlak mulia agar mampu mengabdikan diri dengan sepenuh hati tanpa pamrih sesuai dengan etika profesi keperawatan, selaras dengan cita-cita kita bersama,” harap Yuli Hastuti.

Berita Terpopuler

LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019
News

LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan


Tata Boga Miliki Peran Strategis
News

Tata Boga Miliki Peran Strategis

Senin, 14 Januari 2019

pemerintahan


Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan
News

Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan