News

Upacara Sumpah Pemuda Di Pasar

 

            Jika pada umumnya upacara bendera dilakukan di lapangan atau alun-alun, namun ada yang berbeda karena sekelompok masyarakat melakukan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda di Pasar Inis yang berlokasi di Desa Brondongrejo Kecamatan Purwodadi. Peserta upacara merupakan masyarakat setempat dan para pengunjung pasar serta pedagang yang berhenti sejenak mengikuti upacara bendera dengan khidmat. Petugas upacara kesemuanya anggota Pramuka Saka Pariwisata SMAN 7 Purworejo yang memakai seragam Pramuka lengkap.

            Upacara yang berlangsung Minggu pagi (28/10) tersebut, dipimpin Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH sebagai Inspektur Upacara Hari Sumpah Pemuda. Usai upacara Yuli Hastuti langsung melakukan lounching Pasar Inis yang ditandai dengan pengguntingan pita. Dengan didampingi Kabag Humas Setda Purworejo Agus Ari Setyadi SSos, Wabup Yuli Hastuti juga meninjau pasar Inis.

            Dalam sambutannya pada upacara tersebut Yuli Hastuti mengapresiasi upacara dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang dikuti masyarakat. Petugas upacra semua anggota Pramuka, tentu ini menunjukkan kebersamaan antara pemerintah, masyarakat dan Pramuka dalam menggelorakan jiwa sumpah pemuda untuk terus terpatri pada setiap insan.

Diharapkan nilai-nilai Sumpah Pemuda mampu terus menggelorakan semangat para Pemuda Kabupaten Purworejo dalam berkarya dan berinovasi. Untuk terus maju dalam menggapai kesuksesan sesuai dengan bidangnya.  Wabup juga menyampaikan selamat dilounchingnya Pasar Inis bersamaan dengan upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 9.

Dengan adanya Pasar Inis ini kata Yuli Hastuti, bagi masyarakat umum maupun bagi para Pemuda Desa Brondongrejo, diharapkan mampu menjadi wadah kreativitas generasi muda sekaligus salah satu daya tarik wisata di Kabupaten Purworejo. Apalagi pada saat ini ada beberapa isu aktual yang menjadi peluang sekaligus tantangan bagi masyarakat di Kabupaten Purworejo.

Antara lain lanjut Yuli Hastuti, dilaksanakannya megaproyek bandara internasional New Yogyakarta International Airport (NYIA) di Kabupaten Kulonprogo, pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Borobudur, serta pembangunan Bendung Bener. Untuk lebih mempromosikan keberadaan Kabupaten Purworejo, tentunya perlu melakukan lebih banyak event, seperti halnya  Pasar Inis ini, yang muncul dari prakarsa masyarakat.

“Saya berharap lounching Pasar Inis ini bisa menginspirasi dan memotivasi komponen masyarakat lainnya untuk mengadakan berbagai kegiatan lainnya. Sehingga Kabupaten Purworejo akan terus tumbuh dan berkembang secara dinamis, serta menjadi magnit bagi warga masyarakat dari luar daerah untuk berkunjung,” tutur Yuli Hastuti.

Selain pelaksanaan upacara dan lounching juga dimeriahkan dengan kemah Pramuka Kwarcab Purworejo dari Saka Pariwisata SMAN 7 Purworejo yang dipandu Agus Setiyono SPd MPd dan Drs Tjuk Panudju. Juga diramaikan dengan penampilan fasion show, musik tradisional, kesenian tradisional, senam bersama dengan gerakan senam tubelo, dan lomba kudapan.

Sementara itu, Agus Setiyono mengatakan, Pramuka saka pariwisata berpartisipasi pada kegiatan tersebut. Tidak saja sebagai petugas upacara Sumpah Pemuda, namun juga mendirikan kemah selama dua hari. Juga membuat plang petunjuk pasar inis serta persiapan-persiapan lounching. Pramuka pariwisata memiliki program ikut berpartisipasi dalam kepariwisataan termasuk di pasar inis.

“Apalagi pasar inis sekaligus dipromosikan sebagai tempat wisata, tentu Pramuka juga ikut mendukung. Berdasar rencana pengelola pasar, nantinya pasar inis akan dibuka setiap minggu pagi yang menyajikan berbagai jajanan dan makanan tradisional. Bahkan dalam melakukan pembelian menggunakan potongan bambu yang dicat sesuai nilai rupiahnya. Jadi uang rupiah terlebih dulu ditukar dengan bambu tersebut, baru bisa untuk bertransaksi,” kata Agsu Setiyono.

Berita Terpopuler

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi
News

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi

Selasa, 18 Juni 2019

pemerintahan


Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa
News

Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa

Rabu, 19 Juni 2019

pemerintahan


Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan