Berita Purworejo

Wabup Yuli Hastuti Dukung Siswa SD Maju Nasional

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH memberikan dukungan semangat untuk dua siswa SD yang maju lomba ditingkat nasional pada Festival Lomba Literasi Nasional (FL2N). Sebelum mengikuti lomba ke Jakarta, kedua siswa yakni Prabandaru Hanggoro Raras kelas VI SDN Purworejo, dan Salsabila Khumaira Asrofi kelas V SDN Kemiri, berpamitan dengan Wabup Yuli Hastuti di ruang kerjanya, Jumat (26/10). Masing-masing siswa berhasil lolos seleksi untuk mata lomba mendongeng dan baca puisi dan akan berlaga di tingkat nasional pada 27-31 Oktober mendatang.

Yuli Hastuti mengaku bangga atas prestasi kedua siswa yang telah menunjukkan kemampuannya dalam berpuisi dan mendongeng, hingga bisa maju lomba ke tingkat nasional. Tentu prestasi ini, juga tidak lepas dari peran guru sekolah yang dengan telaten melatih. Termasuk dukungan orang tua yang terus mendampingi putra putrinya dalam mempersiapkan lomba. Apalagi lombanya diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

“Saya berharap kedua siswa siswi SD ini akan dapat menginspirasi yang lain, untuk bisa menggeluti bidang apa saja, bahkan yang sudah ada bakatnya bisa dikembangkan. Jika dengan serius berlatih dan diasah, peluang meraih sukses sangat mungkin. Penampilan peserta lain dalam lomba, jadikanlah sebagai penyemangat kalian untuk lebih bagus lagi, agar tidak grogi. Jangan lupa berdoa, karena dengan doa akan membawa ketenangan dalam berlaga,” tutur Yuli Hastuti.

Menurutnya, kedua siswa selain mewakili Kabupaten Purworejo juga mewakili Jawa Tengah. Maka jagalah nama baik Purworejo dan Jawa Tengah, agar tetap menjadi siswa siswi yang tidak saja pandai tapi juga santun. “Jangan lupa jaga kesehatan dan selamat mengikuti lomba yang nantinya akan ketemu dengan peserta dari berbagai kabupaten se Indonesia. Semoga sukses dapat membawa nama harum Kabupaten Purworejo,” harap Yuli Hastuti.

Dalam berpamitan, kedua siswa di dampingi orang tua dan guru pendamping. Seperti dikatakan Dwi Suryanto yang merupakan orangtua Prabandaru, bahwa lomba yang diikuti bukan lomba berjenjang. Namun melalui tahap seleksi awal yakni peserta cukup menunjukkan bakatnya melalui video dan diunggah dalam laman youtube dan dikirimkan ke Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar serta diketahui oleh kepala sekolah yang bersangkutan.

“Anak saya Prabandaru mengirimkan video dongeng tentang Demang Kesawen. Dongeng ini menyesuaikan tema yang ada yang mengangkat tentang Aku Anak Indonesia, Bangga dengan Keanekaragaman Indonesia. Video yang dikirimkan murni hasil pengambilan gambar tanpa melalui proses editing. Demikian halnya dengan mata lomba baca puisi yang diikuti Salsabila, dia juga mengirimkan video sesuai lomba diikuti,” jelas Dwi Suryanto yang juga sebagai guru di SMPN 4 Purworejo.

Untuk batas akhir pengiriman karya tersebut, ditentukan pada akhir Agustus lalu. Sedangkan Pemerintah Jawa Tengah, juga memfasilitasi untuk berangkat bersama ke Jakarta yang titik kumpulnya di Semarang. “Rencananya ke Jakarta pada Sabtu pagi (27/10), kami mohon doanya untuk siswa siswi Purworejo ini, dapat berlomba dengan hasil yang memuaskan. Sehingga bisa bisa memperkenalkan Kabupaten Purworejo di kancah Nasional,” kata Dwi Suryanto.

Sementara itu Ernawati Setyo sebagai pendamping Salsabila Khumaira mengatakan sekolahnya telah mengikuti lomba seperti itu sebanyak 3 kali. “Ini sangat membanggakan, salah satu siswi ada yang bisa sampai nasional. Semoga bisa berhasil dengan baik,” ujar Ernawati.

Berita Terpopuler

IKK LPPD  Kabupaten Purworejo 2023
Berita Purworejo

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023

Kamis, 28 Maret 2024

IKK LPPD Kabupaten Purworejo 2023


Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan  Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial
Berita Purworejo

Bukber dengan Karyawan PDAM, Bupati Berpesan Agar Tidak Kehilangan Fungsi Sosial

Rabu, 27 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH menghadiri acara buka puasa bersama seluruh karyawan Perumda Air....


Bupati Lantik 59 Pejabat Struktural
Berita Purworejo

Bupati Lantik 59 Pejabat Struktural

Jumat, 08 Maret 2024

Bupati Purworejo Hj Yuli Hastuti SH melantik dan mengambil sumpah/janji jabatan pimpinan tinggi prat....