News

Wabup Yuli Hastuti Minta Pilkades Tidak Sisakan Masalah

Wabup Yuli Hastuti Minta Pilkades Tidak Sisakan Masalah
 
 
Wakil Bupati Yuli Hastuti mengatakan, pemilihan kepala desa serentak di Kabupaten Purworejo akan segera dilaksanakan di 343 desa. Untuk itu bagi desa yang melaksanakan pilkades, diharapkan supaya segera mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya.
 
Terkait perda dan perbup yang mengatur tentang pelaksanaan pilkades serentak, ada beberapa pasal yang mengalami perubahan sehingga harus dicermati dengan baik oleh OPD yang menangani fasilitasi pelaksanaan pilkades. Demikian juga dengan masing-masing kecamatan sebagai tim pengawas dan fasilitasi.
 
“Kepada OPD yang menangani pelaksanaan pilkades diharapkan dapat memfasilitasi desa-desa yang akan melaksanakan pilkades. Sosialisasi, pengarahan dan regulasi dapat diberikan kepada desa, sehingga dapat sebagai pedoman dalam pelaksanaan pilkades serentak, agar dapat terlaksana dengan baik dan tidak menyisakan berbagai permasalahan,” tandas Yuli Hastuti pada Rapat koordiansi Kepala Desa se Kabupaten Purworejo di Pendopo Senin (22/10).
 
Kepada jajaran KODIM dan POLRES, Yuli Hastuti juga berharap untuk dapat memberikan pencerahan terkait situasi yang kondusif dalam pelaksanaan pilkades serentak, mengingat pelaksanaan pilkades saat ini cukup spektakuler dengan jumlah desa hampir di sebagian besar wilayah Kabupaten Purworejo dan bertepatan dengan tahun politik.
 
Terkait dengan dana desa lanjut Yuli Hastuti, agar percepatan penyerapan dalam pelaksanaan pengelolaan keuangan desa khususnya dana transfer desa, harus diintensifkan. Sehingga dana transfer untuk semua desa dapat cair tepat waktu dan dimanfaatkan sesuai kebutuhan yang ada di desa. Untuk memperkuat kemampuan keuangan desa dalam rangka membiayai program-program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat, perlu digali sumber-sumber pendapatan desa secara optimal.
 
“Penyusunan perencanaan desa juga harus berdasarkan kebutuhan masyarakat dan kemampuan keuangan desa melalui proses musyawarah desa. Pelaksanaan program-program kegiatan harus tepat sasaran dan tepat mutu, untuk menjawab dan merealisasikan apa yang menjadi kebutuhan masyarakat,” harap Yuli Hastuti.
 
Sementara itu Plt Kepala Dinpermasdes Gentong Sumharjono SSos MM menjelaskan, supaya Kades memahami regulasi yang ada terutama adanya perubahan-perubahan. Seperti pendaftaran pemilih, maupun calon kades. 

Berita Terpopuler

Tata Boga Miliki Peran Strategis
News

Tata Boga Miliki Peran Strategis

Senin, 14 Januari 2019

pemerintahan


LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019
News

LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan


Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan
News

Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan