News

Genpi Purworejo Dikukuhkan

Sebagai upaya mempromosikan dan mempopulerkan sejumlah wisata yang ada di wilayah Kabupaten Purworejo, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Dinparbud) Kabupaten Purworejo membentuk  Generasi Pesona Indonesia (Genpi), yang kemudian Genpi Purworejo dikukuhkan pada Minggu (21/10) di Pendopo.  Pengukuhan dilakukan Pembina Genpi Nasional Don Kardono.

 

Pengukuhan yang sekaligus deklarasi itu, dihadiri Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, Sekda Drs Said Romadhon, Kadin Parbud Agung Wibowo AP, dan dinas instansi terkait. Selain itu juga dihadiri sejumlah pejabat pusat, yakni Sekretaris Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Drs Ukus Kuswara MM dan Sekretaris Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Drs Dwi Wahyu Atmaji MPA, juga adir pejabat Badan Otorita Borobudur serta para Putri Pariwisata Indonesia.

 

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH dalam sambutannya meminta agar GenPI Purworejo dapat segera melakukan aksi-aksi nyata dalam rangka mempromosikan pariwisata. Generasi milenial yang tumbuh dalam era digital ini punya peran penting. Melalui Genpi yang memiliki jaringan luas, kami berharap dapat semakin maksimal dalam mempromosikan pariwisata Purworejo khususnya dan indonesia pada umumnya.

 

Oleh karenanya lanjut Yuli Hastuti, program Kementerian Pariwisata yang memanfaatkan aktivisme generasi muda dalam sebuah komunitas yang diberi nama Generasi Pesona Indonesia (GenPI), merupakan sebuah terobosan yang brilian. GenPI sebagai pengejawantahan dari program promosi wisata “go digital” merupakan salah satu strategi pemasaran pariwisata yang sangat efektif. Karena anggota GenPi umumnya terdiri atas anak-anak muda atau orang-orang yang sudah tidak muda namun masih berjiwa muda, yang selama ini aktif melakukan promosi pariwisata melalui media sosial seperti blog, facebook, twitter, instagram, path, dan lain lain.

 

“Di sisi lain, dengan bergabung menjadi GenPI, maka Saudara-saudara juga akan mendapatkan banyak keuntungan. Salah satunya adalah memiliki teman sehobi di berbagai daerah Indonesia. Selain itu juga akan memperoleh informasi ter-update tentang pariwisata, misalnya destinasi baru, kebijakan pemerintah dan event pariwisata Indonesia. Maka saya berharap agar Saudara-saudara yang sudah tergabung dalam GenPI bisa memanfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” harapnya.                 

 

 

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Purworejo Agung Wibowo menyebut ada sekitar 100 orang GenPI yang dilantik. Mereka berasal dari berbagai kalangan, antara lain pegiat media sosial, bloger, komunitas muda, kelompok seni, paguyuban bagus roro, dan pengelola desa wisata. “Banyak sekali sarana promosi yang bisa mereka lakukan. Selain melalui medsos, bisa juga meningkatkan aktivitas wisata lewat penyelenggaraan event,” jelasnya.

 

Sementara itu Ukus Kuswara mengatakan, Purworejo memiliki potensi wisata yang sangat menarik. Banyak peluang yang dapat ditangkap seiring adanya pembangunan Bandara NYIA di Kulonprogo dan masuk dalam Kawasan Badan Otorita Borobudur. Purworejo itu bagus, indah, dan potensial. Saya lihat setiap 10 menit dari bandara NYIA itu pantai," lanjutnya.

 

“Saya berharap Purworejo mampu mengoptimalkan seluruh potensi sehingga pariwisata dapat berkembang pesat. Salah satu strateginya yakni dengan menggencarkan promosi. Dan Genpi inilah yang akan menyampaikan informasi tentang semuanya melalui dunia digital. Perkembangan media sosial itu sangat luar biasa dan itu harus dimanfaatkan oleh anggota Genpi untuk menyampaikan kepada dunia tentang keindahan Purworejo," kata Ukus Kuswara.

Berita Terpopuler

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi
News

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi

Selasa, 18 Juni 2019

pemerintahan


Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa
News

Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa

Rabu, 19 Juni 2019

pemerintahan


Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan