News

PHBS Purworejo Nominasi Juara, Bersaing dengan 2 Kota Besar

          Program Perilaku Hidup Bersih Sehat (PHBS) di Kabupaten Purworejo yang diwakili Kelurahan Katerban, masuk nominasi tiga besar lomba PHBS tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018. Katerban akan bersaing dengan wakil dari dua kota besar di Jawa Tengah, yakni Kota Semarang dan Kota Surakarta.

          Penilaian untuk Kabupaten Purworejo dilakukan oleh tim provinsi yang dipimpin Sigit Setyabudi, Rabu (19/9). Mereka diterima oleh Asisten Sekda Purworejo Bidang Administrasi dan Kesra Drs Muh Wuryanto MM, didampingi Tim Penggerak PKK dan instansi terkait, di ruang Otonom Setda Purworejo.

Drs Muh Wuryanto MM dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan PHBS di Kelurahan Katerban telah berjalan dengan baik dengan hasil pencapaian Strata PHBS Madya 7,27%, Strata Utama 88,44% dan Starata Paripuna 5,7%. “Keberhasilan ini juga diaraih berkat dukungan Pemerintah Kelurahan Katerban, Pemerintah Kecamatan Kutoarjo, Tim Penggerak PKK serta instansi terkait lainnya, dalam menggalang pemberdayaan masyarakat untuk selalu melaksanakan Program PHBS dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Dikatakan bahwa peran Forum Kesehatan Kelurahan menjadi salah satu potensi Kelurahan yang ikut berperan dalam mengkoordinasikan pelaksanaan PHBS di masyarakat, melalui peningkatan upaya penyuluhan dan pendidikan kesehatan kepada masyarakat tentang PHBS. ”Meskipun harus bersaing dengan dua kota utama di Provinsi Jawa Tengah, kami percaya Kelurahan Katerban banyak memiliki kelebihan yang tidak kalah dengan wakil dua kota tersebut,” tandasnya.

Kepercayaan diri Purworejo ternyat mendapat respon ketua tim penilai, Sigit Setyabudi, yang menyebut Purworejo kendel (berani-red). ”Biasanya yang pertama dinilai, memang yang paling kuat,” ungkapnya.

 Namun menurutnya, hasil penilaian harus menunggu komulasi nilai dari 4 orang penilai, yang terdiri petugas dari Dinas Kesehatan, TP PKK, Biro Kesra dan pihaknya. “Nanti akan diumumkan bertepatan dengan peringatan Hari Kesehatan Nasional pada tanggal 12 Nopember yang akan datang,” akatanya.

Pada kunjungan tersebut, tim penilai mengunjungi di pos Bina Keluarga Lansia yang bertempat di RW  3, Bina Keluarga Balita di RW 5, serta rumah sehat di RW 6. Disamping melihat dari dekat tentang kondisi di lapangan, tim juga melihat adminstrasi yang dikerjakan oleh TP PKK Kelurahan Katerban.

Camat Kutoarjo Sumarjana SSos, pada kesempatan tersebut menyatakan bahwa apapun hasilnya dari evaluasi di Kelurahan Katerban, tetap akan menjadi rujukan Pelaksanaan PHBS di Kecamatan Kutoarjo.

Berita Terpopuler

Tata Boga Miliki Peran Strategis
News

Tata Boga Miliki Peran Strategis

Senin, 14 Januari 2019

pemerintahan


LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019
News

LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan


Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan
News

Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan