News

Uji Berkala Kendaraan Bermotor Sudah Dapat Dilaksanakan di Purworejo

Bertepatan Hari Perhubungan Nasional Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo melaksanakan peresmian dan launcing penggunaan Alat Uji Kendaraan Bermotor atau UJI KIR, Senin (17/9) bertempat di Gedung Pengujian Dinas Perhubungan Kabupaten Purworejo.

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Wakil Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH, didampingi Kepala Dinas Perhubungan Drs  Agus Budi Supriyanto M.i dilanjutkan dengan melaksanakan pengujian perdana menggunakan alat uji baru. Hadir pula di acara tersebut  Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo, Asisten II Sekda, Kepala  Satpol PP dan Damkar, Perwakilan Kepala BPPKAD, Satlantas Polres Purworejo, kepala  Perum Damri, Jasa Raharja serta pejabat eselon di lingkungan Dinas Perhubungan Kab. Purworejo.

Wakil Bupati Yuli Hastuti SH mengatakan bahwa keberadaan alat uji kendaraan bermotor sangat penting dan strategis. Melalui uji kendaraan bermotor, diharapkan bisa memberi jaminan keselamatan secara teknis terhadap pengguna kendaraan bermotor. "Dengan kendaraan yang memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan, aman, nyaman, dan tertib,  maka pelanggan transportasi darat akan lebih percaya pada sarana transportasi yang digunakan," katanya. 

Kepala Dinas Perhubungan Drs  Agus Budi Supriyanto MSi mengatakan Pengadaan Alat Uji Kendaraan Bermotor dilatar belakangi alat uji yang lama sudah banyak mengalami kerusakan dan sudah tidak berfungsi secara optimal serta sudah tidak sesuai dengan perkembangan teknologi baik itu teknologi alat uji kendaraan bermotor itu sendiri atau teknologi otomotif yang berkembang pesat akhir-akhir ini.

Menurutnya pengadaan Alat Uji Kendaraan Bermotor terealisasi berkat dukungan Bupati Purworejo dan jajarannya yang telah mengalokasikan dana untuk pengadaan alat uji baru pada tahun 2018 ini. Dari Jumlah alat uji utama yang semuanya ada 9 alat uji, baru bisa  terealisasi 7 alat uji sehingga masih ada 2 alat uji yang belum dapat terealisasi. Kegiatan Pengadaan Alat uji ini juga didampingi oleh Tim TP4D Kejaksaan Negeri Purworejo yang diketuai oleh Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo.

Untuk memenuhi Permenhub RI Nomor PM 133 tahun 2015 tentang Pengujian berkala kendaraan bermotor  bahwa setiap UPUBKB yang menyelenggarakan pengujian berkala kendaraan bermotor harus terakreditasi maka pada hari Kamis (13/9/2018) Tim Akreditasi Alat Uji Kendaraan Bermotor telah melakukan penilaian baik secara administrasi maupun secara teknis. Hasil penilaian akreditasi tersebut menyatakan bahwa Unit Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Purworejo termasuk memiliki alat uji kendaraan terbaik se Jawa Tengah karena semua alat uji sudah full komputerisasi sehingga pengujian yang dilakukan lebih akurat dan lebih akuntabel.

“Semoga pelaksanaan pengujian kendaraan bermotor di Kab. Purworejo ini bermanfaat bagi semua orang dan bisa memberikan jaminan keselamatan, keamanan dan kenyamanan secara teknis terhadap pengguna kendaraan bermotor dan mendukung kelestarian lingkungan dari pencemaran udara akibat penggunaan kendaraan bermotor. Sehingga slogan kami “Dengan Tertib Berlalu Lintas Menjadi Nyaman Beraktifitas” dapat terwujud," harapnya .

Berita Terpopuler

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah
News

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah

Kamis, 28 Februari 2019

pemerintahan


Pramuka Agar Teladani Baden Powell
News

Pramuka Agar Teladani Baden Powell

Selasa, 26 Februari 2019

pemerintahan


Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota
News

Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota

Selasa, 05 Maret 2019

pemerintahan