News

Himpaudi Kerahkan Ribuan Guru PAUD Turun ke Jalan

Himpunan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (Himpaudi) Kabupaten Purworejo mengerahkan ribuan guru PAUD turun ke jalan untuk memeriahkan HUT Himpaudi ke 13, yang ditandai dengan pemotongan kue dan tiup lilin. Selain jalan sehat, juga senam bersama, yang sekaligus memamerkan sisi lain kepiawaian guru PAUD dalam mengolah makanan lokal yang sehat untuk anak-anak.

HUT Himpaudi yang dipusatkan di depan Pendopo Kabupaten Purworejo tersebut, dibuka Wakil Bupati Yuli Hastuti SH yang didamipingi Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) DR Ahmad Kasinu MPd, Ketua Himpaudi Siti Muflihah SSi, Ketua TP PKK Fatimah Verena Prihastyari SE, Ketua DWP Dra Erna Setyowati Said Romadhon, dan dinas instansi terkait.

Dalam sambutannya Yuli Hastuti mengapresiasi berbagai kegiatan ini, teriring harapan dapat menjadikan motivasi tersendiri bagi keluarga besar Himpaudi untuk memberikan yang terbaik bagi masyarakat, bangsa dan negara. Seperti pelaksanaan kegiatan jalan sehat ini menjadi bagian tak terpisahkan dalam rangka mengingatkan seluruh masyarakat, tentang pentingnya menjaga kesehatan dengan melakukan olahraga. Apalagi kegiatan ini dilaksanakan oleh Himpaudi yang merupakan wadahnya para pendidik anak usia dini, sehingga diharapkan bisa menjadi teladan dalam pendidikan kesehatan kepada anak-anak usia dini. Karena anak-anak yang tumbuh dengan sehat, akan menjadi generasi penerus yang berkualitas.

“Bapak Ibu guru PAUD sangat berjasa bagi pertumbuhan, perkembangan, dan kecerdasan anak, yang dipersiapkan untuk generasi penerus bangsa ini khususnya untuk Kabupaten Purworejo. Maka guru memiliki tugas yang sangat mulia, yang tentunya juga perlunya diimbangi perhatian bagi guru-guru PAUD. Melalui HUT Himpaudi ke 13 ini, akan dapat memacu semangat guru PAUD dalam mendidik anak-anak,” harap Yuli Hastuti.

Sementara itu Ketua Himpaudi Siti Muflihah menjelaskan, kegiatan jalan sehat ini diikuti sekitar 1300 guru pendidikan anak usia dini (PAUD) nonformal Kabupaten Purworejo. Kegiatan itu merupakan simbol kesetaraan yang diwujudkan dalam langkah kaki. “Perjalanan mencapai sebuah tujuan itu dimulai dengan langkah awal. Dan dari sinilah langkah itu kita mulai, dengan kekuatan kita,” jelasnya.

Menurutnya, usia 13 sudah usia yang luar biasa dimana ibarat seorang anak adalah usia remaja beranjak ABG yang masuk fase mencari jati diri. Dia berharap usia tidak akan membatasi keinginan Himpaudi menjadi sebuah organisasi yang mandiri. “Mandiri artinya penguatan kemitraan kami dengan sejumlah pihak sehingga program-program Himpaudi bisa berjalan dengan baik,” ujar Siti  Muflihah.

Hanya saja lanjut Muflihah, masih ada keinginan yang belum tercapai yakni ingin bisa seperti teman-teman guru lain seperti guru TK yang sama-sama mendidik anak usia dini, sama mengajarkan karakter, meletakkan pondasi pendidikan pertama. Ingin seperti guru SD, SMP, SMA dalam hal kesejahteraan.

“Untuk itu, kami mengutamakan profesionalisme supaya bisa menyeimbangkan dengan pendidik lain. Berbagai peningkatan kompetensi dilaksanakan seperti pelatihan para guru PAUD baik secara konvensional tatap muka maupun secara online. Termasuk mengikuti Diklat guru pendamping muda. Kami bertekad untuk menjadikan generasi penerus bangsa menjadi generasi yang handal cerdas tangguh, tentu yang diawali dari pondasi dasar yakni PAUD,” papar Muflihah.

Secara terpisah Ny Fatimah Verena Prihastyari mengaku bangga dengan guru PAUD selain mendidik anak-anak menjadi cerdas juga mempunyai keterampilan seperti mengolah makanan dan snack dari bahan baku lokal. Bahkan memiliki nilai gizi yang bagus untuk anak-anak seperti bubur kacang ijo, susu kedelai, agar-agar jagung, dll. Tentu ini sangat bagus karena anak-anak juga dibiasakan dengan makanan yang sehat.

 

 

Berita Terpopuler

Tata Boga Miliki Peran Strategis
News

Tata Boga Miliki Peran Strategis

Senin, 14 Januari 2019

pemerintahan


LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019
News

LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan


Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan
News

Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan