News

Enam Desa Masuk Nominasi 10 Program PKK

Setelah melalui penilaian berdasar data dan administrasi pelaksanaan kegiatan TP PKK desa, terpilihlah enam desa yang masuk dalam nominasi terbaik. Yakni Desa Andong Kecamatan Butuh, Desa Bencorejo Kecamatan Banyuurip, Desa  Jenar Lor Purwodadi, Desa Keburusan Pituruh, Desa Pringgowijayan Kutoarjo dan Desa Sangubanyu Kecamatan Grabag.

Dari enam desa di enam kecamatan tersebut, akan dambil juara I, II, III, dan juara harapan I, II, dan III, dalam melaksanakan 10 program pokok PKK. Tim Evaluasi tingkat Kabupaten Purworejo yang terdiri Ketua, sekretaris, bendahara, Pokja I sampai Pokja IV, langsung turun lapangan di enam desa untuk melakukan penilaian juga kroscek administrasi, data dukung beserta kegiatannya.

Seperti evaluasi yang berlangsung di Desa Sangubanyu Kecamatan Grabag. Evaluasi dipimpin Ketua TP PKK yang diwakili Wakil Ketua Ny Dra Erna Setyowati Said Romadhon. Turut mendampingi Ny Maini Widarto, Ny Hartiti Soekoso, Ny Harni Wuryanto, Ny Rukiana Wahyu Jaka, Ny Yani Bambang, dan Ny Sri Bandu Sunardi.

Penyambutannya cukup semangat dengan tari tradisional bersama yang juga mengajak Tim PKK kabupaten ikut menari yang dipimpin Camat Grabag Ahmad Zainudin SIP beserta jajaran Forkopimcam, Kepala Desa Sangubanyu Drs Mardan, Wakil ketua TP PKK desa Ny Sunarno dan sejumlah pengurus PKK kecamatan dan desa. Selain itu juga tampilan tari dolalak, tam;pilan hadroh Al Barokah, dan peninjauan pameran produk unggulan desa di Balai Desa Sangubanyu, kemarin.  

Dalam sambutannya Ny Erna Said menyampaikan selamat kepada desa kelurahan yang telah masuk enam nominasi Tingkat Kabupaten dari 16 desa kelurahan. Teriring harapan, kedepan semakin gembregah lagi karena keberadaan PKK sangat strategis dan dibutuhkan utamanya dalam mendukung kelancaran program pemerintah dan pembangunan melalui pemberdayaan PKK dengan implementasi 10 Program Pokok PKK.

Pemerintah daerah dan PKK itu ibarat sekeping mata uang yang bersama-sama memiliki arti penting untuk memberdayakan masyarakat desa lewat PKK untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Melalui peran PKK menjadikan keluarga yang berkualitas secara ekonomi. Pendidikan, kesehatan, dll. Karena itu teruslah PKK berjuang dengan turut andil dalam pembangunan melalui kegiatan PKK,” tandas Ny Erna Said.  

Menurntnya, ada empat peran startegis PKK yakni kader PKK sebagai inisiator  yang bisa menjadi sumber ide dan gagasan bagi masyarakat. Kader PKK sebagai motivator untuk menjadi pendorong dan penggerak masyarakat. Juga kader PKK sebagai fasilitator yang dapat menjadi pendamping kegiatan masyarakat, serta kader PKK sebagai dinamisator yaitu bisa mendinamisasikan masyarakat.

Sementara itu sekretaris Ny Maini menjelaskan, tujuan evaluasi selain memamtau langsung juga untuk menentukan terbaik I tingkat kabupaten, yang akan dipersiapkan maju dalam evaluasi tingkat Provinsi jawa Tengah. Sedangkan sasran evaluasi antara lain kader PKK, administrasi, sarana dan prasarana, pidato ketua, dan penampilan tari tradisional.

Kades Mardan menyampaikan tentang dukungan Pemerintah desa terhadap kegiatan TP PKK dalam melaksanakan kegiatan PKK baik tingkat desa RW RT hingga Dasa Wisma. Termasuk program tabungan PBB yang diprakarsai PKK terlaksana dengan baik. Ditambahkan Wakil Ketua PPK desa Ny Sunarno, kegiatan yang terdapat dalam 10 program PKK telah dilaksanakan, bahkan dalam peningkatan pendapatan keluarga melalui home industri dan kelompok usaha dengan produk unggulan. Selain itu PKK juga turut serta dalam partisipasi sebagai pemilih dalam Pemilu Gubernur Wakil Gubernur, sehingga tidak golput.   

Berita Terpopuler

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan


806 Calhaj Siap Tunaikan Ibadah Haji
News

806 Calhaj Siap Tunaikan Ibadah Haji

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan


Purwasih Handayani Jabat Ketua Koperasi Putri Mandiri
News

Purwasih Handayani Jabat Ketua Koperasi Putri Mandiri

Rabu, 03 Juli 2019

pemerintahan