News

Disdukcapil Terima Penghargaan ISO Internasional

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Purworejo merupakan OPD yang pertama di Kabupaten Purworejo yang menerima penghargaan berkelas internasional berupa ISO 9001:2015. Penghargaan diterima langsung Kepala Disdukcapil Sukmo Widi Harwanto SH MM dari Quality Registrar Systems (QRS) Badan Sertifikasi Internasional yang berkantor di Jakarta. Penyerahan sertifikat dilakukan Lead Auditor Ali Mansur ST, di Lantai II Gedung Disdukcapil Kabupaten Purworejo Senin malam (27/8).

Sukmo Widi Harwanto mengatakan, kita mendukung visi misi Bupati tentang optimalisasi pelayanan publik. Salah satunya pencapaian penghargaan ISO yang berstandar internsional ini. “Alhamdulillah selain yang utama kami dapat mendukung visi misi Bupati dan wakil Bupati, kami juga dapat penghargaan ISO 9001:2015. Tentu ini perjuangan panjang seluruh jajaran Disdukcapil yang berjuang untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat,” ujarnya.

  Menurut Sukmo, akreditasi yang dilakukan QRS mencakup dokumen dan kelengkapan fasilitas, sarana, dan sumberdaya manusia. Seperti SOP, standar pelayanan, dan pencantuman biaya pengurusan dokumen. Untuk persiapannya didampingi konsultan pendamping diawali Mei lalu atau sekitar 4 bulan. Sebenarnya dalam melakukan pelayanan sudah terbiasa dengan pengurusan ketepatan waktu, kecepatan, dan memudahkan masyarakat. Namun ada beberapa fasilitas yang harus dipenuhi seperti untuk disabilitas, Lansia, bahkan sampai dengan kamar mandi, dan ruang bermain anak.

“Sesuai moto Disdukcapil yakni Pesona yang bermakna pelayanan dokumen kependudukan satu hari untuk anda. Kami ingin membahagiakan masyarakat mengurusi dokumen secara gratis dan keluar dengan senyum. Maka dengan mendapatkan penghargaan sertifikat ISO 9001:2015 ini, sebagai pemacu semangat untuk kami terus melakukan pelayanan prima bagi masyarakat Purworejo,” harap Sukmo Widi Harwanto yang didampingi Kabid Pengolahan Data Suryadi ST MM.   

Ditambahkan Suryadi, akreditasi secara langsung dilakukan dua orang Tim auditor yakni Ali Mansur ST dan Subandi Ssi MT, di  Disdukcapil dalam satu hari dari pagi hingga malam. Sebelumnya telah dilakukan akreditasi berdasar administrasi dokumen. Selain penilaian dokumen juga wawancara untuk mengetahui kesinkronan antara pimpinan dengan jajaran staf.

Sementara itu Lead Auditor Ali Mansur menjelaskan, setelah di akreditasi secara menyeluruh Disdukcapil dapat memenuhi syarat dalam Manajemen Pelayanan Publik ISO 9001:2015. Termasuk audit hari ini yang secara langsung mengkroscek dokumen dan sistem pelayanannya. “Dengan peghargaan sertifikat ISO ini, maka Disdukcapil akan diaudit setiap satu tahun sekali. Berarti pada Agustus 2019 mendatang akan diaudit kembali,” jelasnya. 

 

Berita Terpopuler

Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 Targetkan SAKIP dengan Kategori A
News

Gelar Pengawasan Daerah Tahun 2019 Targetkan SAKIP dengan Kategori A

Rabu, 24 April 2019

Pemerintah Kabupaten Purworejo melaksanakan acara Gelar Pengawasan Daerah (Larwasda) Tahun 2019 bert....


Polres Purworejo Inisiasi Komitmen Bersama Pererat Persatuan
News

Polres Purworejo Inisiasi Komitmen Bersama Pererat Persatuan

Rabu, 24 April 2019

Polres Purworejo menggelar adanya Komitmen Bersama seluruh peserta Pemilu 2019 mulai dari Tim Sukses....


Bupati Purworejo Hadiri Haul di Pondok Pesantren An Nawawi Berjan
News

Bupati Purworejo Hadiri Haul di Pondok Pesantren An Nawawi Berjan

Senin, 22 April 2019

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM, hadiri Haul Al Mursyid Al Kholifah Lit Thoriqotil Qodiriyyah Wa....