News

Bupati Kagumi Gelaran Grebeg Kamardikan

Bupati Purworejo Agus Bastian SE MM mengaku kagum dan bangga dengan gelaran grebeg kamardikan dalam merayakan HUT Kemerdekaan ke-73 RI, yang menyuguhkan  penampilan karnival yang dipadukan dengan tarian. Grebeg kamardikan diawali dengan tari gambyong yang disusul dengan penampilan satu persatu peserta karnival dari SMA, SMK, maupun MA.

Penampilan tersebut yang merupakan puncak perhelatan Karnaval Purworejo 2018, mampu memukau puluhan ribu warga Purworejo yang tumpah ruah memenuhi seluruh sudut Alun-alun Purworejo. Turut menyaksikan pula  Ketua DPRD Luhur Pambudi Mulyono ST MM, Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, Dandim 0708/ Letkol Inf Muchlis Gasim, Kapolres AKBP Teguh Tri Prasetya, dan sejumlah pejabat di Pemkab Purworejo.

Bupati dalam sambutannya mengatakan, grebeg kamardikan ini sangat bagus yang menampilkan kreatifitas yang luar biasa. Bahkan kemasan ini dapat menginspirasi untuk menjadikan Purworejo menjadi wisata yang bernilai jual. Tidak saja menyuguhkan pertunjukan yang mengandung pesan kebanggaan terhadap Purworejo, namun dapat dipromosikan untuk menarik wisatawan.

“Dari kemasan ini terlihat inovasi baru, dan saya tidak menyangka kalau akan sebagus ini. Artinya berbeda dengan tahun lalu, lebih meriah dan lebih berkreasi terutama Dinparbud sebagai penyelenggara, yang didukung sekolah-sekolah. Memang begini seharusnya yang saya harapkan, setiap tahun akan ada perbedaan, sehingga masyarakat tidak disuguhi kegiatan yang monoton,” tandas Bupati.   

Kepala dinas Parbud Agung Wibowo AP mengatakan, kegiatan grebeg kamardikan ini diikuti 17 sekolah menegah atas. Temanya Carnival Grebeg Kamardikan dalam merayakan HUT Kemerdekaan ke-73 RI. Selain masing-masing peserta tampil dengan tarian dan busana karnival, juga seluruh penampil membentuk formasi 73 dan logo romansa Purworejo 2020.

“Termasuk dilakukan kirap gunungan merah putih yang memasuki alun-alun. Gunungan bermakna menggambarkan kesuburan dan kemakmuran, lalu diarak oleh perwakilan masyarakat dan pasukan pengibar bendera. Tumpeng merah putih yang terdapat pada gunungan di serahkan Bupati dan dilanjutkan penyerahan tumpeng kepada veteran,” ujar Agung Wibowo.

Berita Terpopuler

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah
News

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah

Kamis, 28 Februari 2019

pemerintahan


Pramuka Agar Teladani Baden Powell
News

Pramuka Agar Teladani Baden Powell

Selasa, 26 Februari 2019

pemerintahan


Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota
News

Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota

Selasa, 05 Maret 2019

pemerintahan