News

Jabat Ketua Bawaslu, Kholiq Mundur dari PWI

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Purworejo Nur Kholiq SH SThI MKn mengundurkan diri dari jabatannya tersebut. Langkah itu diambil menyusul terpilihnya dia sebagai komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo dan dipercaya menjadi ketua untuk periode 2018 - 2023.

Pengunduran diri tersebut disampakan dalam rapat pleno yang digelar pengurus PWI Kabupaten Purworejo, kemarin. Pengajuan pengunduran diri tersebut bisa diterima dan langsung dilanjutkan rapat pleno pemilihan ketua PWI yang baru.

Wartawan senior dari SKH Kedaulatan Rakyat, Gunarwan SE secara aklamasi dipilih menggantikan Kholiq. Jabatan Sekretaris tetap dipercayakan kepada Lukman Khakim (Purworejo Ekspres) dan Bendahara dipercayakan kepada Budi Agung Jatmiko (Radar Jogja). Hasil rapat pleno tersebut dituangkan dalam berita acara dan akan segera disampaikan ke PWI Provinsi Jawa Tengah untuk mendapatkan Surat Keputusan.

Dalam kesempatan itu, Kholiq menjelaskan, dirinya terpilih menjadi salah satu di antara lima orang komisioner Bawaslu Kabupaten Purworejo periode 2018 - 2023 yang diumumkan 14 Agustus 2018 lalu. Selanjutnya 15 Agustus 2018 dilantik bersama seluruh Bawaslu Kabupaten/Kota se Indonesia oleh Ketua Bawaslu RI Abhan di Jakarta.

"Sesuai ketentuan, komisioner Bawaslu tidak diperkenankan menjadi pengurus organisasi, baik berbadan hukum maupun tidak. Pengunduran diri ini bagian dari pelaksanaan komitmen yang sudah saya tandatangani saat mendaftar," katanya.

Kholiq menjelaskan, sesuai dengan ketentuan UU Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu, lembaga pengawas di tingkat kabupaten/kota bukan lagi ad hoc. Namun berubah menjadi permanen dengan masa tugas lima tahun. Nomenklaturnya juga berubah dari semula Panwaslu menjadi Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

Jumlah komisionernya juga bertambah dari semula tiga orang menjadi lima orang. Kelima orang tersebut adalah Nur Kholiq SH SThI MKn yang dipercaya sebagai Ketua dan Koordinator Divisi (Kordiv) Penindakan, Rinto Hariyadi SSos I Kordiv Hukum Data dan Informasi, Ali Yafie SSy Kordiv Penyelesaian Sengketa, Anik Ratnawati SPd Kordiv Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga, dan Abdul Aziz SPd Kordiv SDM dan Kelembagaan.

"Setelah dilantik, kami langsung bekerja melanjutkan kegiatan-kegiatan pengawasan tahapan Pemilu 2019 yang sudah berjalan. Kami akan bersinergi dengan semua stakeholders terkait untuk mengawal dan memastikan terselenggaranya Pemilu di Kabupaten Purworejo secara demokratis," paparnya.

Terkait dengan sinergi dengan media, Kholiq menegaskan bahwa Bawaslu akan sangat membutuhkan kerjasama dengan media sebagai mitra kerja yang sangat strategis. Pasalnya, media menjadi instrumen yang sangat penting dan memberikan kontribusi besar untuk kesuksesan pelaksanaan Pemilu, utamanya di bidang pengawasan.

"Bawaslu Kabupaten Purworejo akan terus menjalin kerjasama itu, termasuk secara kelembagaan dengan PWI. Juga organisasi profesi wartawan lainnya yang ada di Kabupaten Purworejo," tandasnya.

Ketua PWI Kabupaten Purworejo yang baru Gunarwan SE menyatakan kesiapannya untuk menjalin kerjasama dengan Bawaslu Kabupaten Purworejo. "Kerja-kerja jurnalistik itu kan senafas juga dengan kerja-kerja Bawaslu. Tentu dengan senang hati PWI menyambut dengan terbuka kerjasama kemitraan ini mengawal kesuksesan Pemilu di Kabupaten Purworejo," katanya. 

Berita Terpopuler

Tata Boga Miliki Peran Strategis
News

Tata Boga Miliki Peran Strategis

Senin, 14 Januari 2019

pemerintahan


LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019
News

LVRI Akan Turut Sukseskan Pemilu 2019

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan


Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan
News

Bawaslu Tertibkan Stiker Branding Pada Kendaraan Angkutan

Kamis, 10 Januari 2019

pemerintahan