News

Pasukan Kuda Camat Kutoarjo Pimpin Karnaval

Kecamatan Kutoarjo tampil beda, dengan munculnya penampilan pasukan kuda yang langsung dipimpin Camat Kutoarjo Sumarjono SSos beserta Forum Koordinasi pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) dengan mengenakan pakaian adat jawa berkeliling di Kota Kutoarjo. Pasukan kuda juga diikuti Ketua TP PKK Kecamatan Kutoarjo Ny Susi Sumarjono, dan Kepala Desa se Kecamatan Kutoarjo.

           Kegiatan karnaval Kecamatan Kutoarjo dalam rangka peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI tersebut, dilepas Wakil Bupati Yuli Hastuti SH, di SD Negeri Kutoarjo. Pelepasan ditandai dengan pengibasan bendera star. Menurut Yuli Hastuti, kegiatan karnaval ini sebagai salah satu bentuk penghargaan terhadap para pejuang, agar warga masyarakat senantiasa mengingat dan meneladani nilai-nilai kejuangan itu. Oleh karenanya, kegiatan seperti ini hendaknya tidak hanya sekedar menjadi rutinitas belaka, yang setelah itu hilang begitu saja, melainkan harus dimaknai dengan sebaik-baiknya.

 

           “Selain untuk merefleksikan perjuangan para pendahulu kita, karnaval juga bisa menjadi media pemeliharaan budaya. Etalase seni budaya yang ditampilkan dalam kegiatan ini termasuk pasukan kuda yang dikemudikan Pak Camat dan jajarannya sebagai gambaran keragaman masyarakat lndonesia, yang harus kita pelihara dan kita pupuk sebagai sebuah kekuatan sebagaimana semboyan Bhinneka Tunggal Ika,” tutur Yuli Hastuti.

           Dikatakan, kegiatan karnaval juga cukup efektif sebagai media promosi untuk mensosialisasikan program, produk maupun kegiatan yang dimiliki lembaga maupun perorangan. Selain itu juga menjadi sarana hiburan yang cukup menarik dan mampu menarik perhatian masyarakat berbagai usia dan kalangan.

           Sementara itu Camat Sumarjono SSos mengatakan, untuk memperingati HUT RI Kecamatan Kutoarjo menggelar berbagai kegiatan. Selain karnaval yang dilaksanakan dua hari berturut-turut, juga digelar berbagai kesenian tradisional digelar di alun-alun Kutoarjo. Juga untuk menyehatkan masyarakat, akan dilaksanakan jalan sehat bersama mengelilingi kota dengan disediakan hadiah sepeda motor, sepeda gunung, kompor gas, dan berbagai dorprise pada Jum’at (24/8) mendatang.

           “Dan malamnya akan digelar resepsi dengan menyuguhkan wayang semalam suntuk di halaman Kecamatan Kutoarjo yang akan dibawakan tiga dalang sekaligus dengan memberdayakan dalang lokal yakni Ki Sarjono, Ki Pari Kesit dan Ki Narno. Untuk tahun ini memang kami bersama Forkopinca dan Kades se Kecamatan Kutoarjo membuat beda lebih meriah,” ujar Sumarjono.

Berita Terpopuler

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah
News

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah

Kamis, 28 Februari 2019

pemerintahan


Pramuka Agar Teladani Baden Powell
News

Pramuka Agar Teladani Baden Powell

Selasa, 26 Februari 2019

pemerintahan


Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota
News

Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota

Selasa, 05 Maret 2019

pemerintahan