News

Sidomulyo Kerahkan Warga Keliling Desa

Desa Sidomulyo Kecamatan Purworejo memiliki cara tersendiri untuk mengenang para pahlawan dalam berjuang memerdekakan Negara Republik Indonesia. Dengan mengerahkan semua warga dari mulai anak-anak, dewasa, hingga Lansia, untuk turut serta dalam memperingati hari bersejarah Bangsa Indonesia. Bahkan warga rela meninggalkan rumah seharian untuk berjalan kaki mengelilingi desa melalui kegiatan karnaval. Juga ramai-ramai gogoh iwak, serta menghias gapura pada lomba gapura tingkat nasional.
   Kegiatan peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI tersebut, mendapat apresiasi Wakil
Bupati Purworejo Yuli Hastuti SH yang mengaku bangga atas partisipasi masyarakat disemua penjuru wilayah Kabupaten Purworejo. Salah satu diantaranya masyarakat di Desa Sidomulyo yang dengan antusiasme sangat tinggi telah mengaktualisasikan berbagai kegiatan mengisi kemerdekaan.
“Ini tidak lepas dari kesadaran dan semangat yang diwarisi dari para pahlawan yang tanpa pamrih menjadikan Indonesia menjadi bangsa yang merdeka. Maka kita harus punya jiwa pahlawan untuk mewujudkan cita-cita pahlawan, yakni dengan membangun. Kita mengisi pembangunan khususnya di Kabupaten Purworejo, agar masyarakat bisa maju dan sejahtera,” harap Yuli Hastuti pada pelepasan karnaval memperingati HUT RI tingkat Desa Sidomulyo.  Turut mendampingi Kepala Desa Sidomulyo Hadi Setyono SE, Ketua Koperasi Wanita Srikandi Sri Susilowati SE, dan sejumlah tokoh masyarakat setempat.
Sementara itu Kades Hadi Setyono menjelaskan, berbagai kegiatan dilaksanakan diawali menghias gapura mengikuti lomba gapura HUT RI dan Asian Game pada pintu masuk Desa Sidomulyo. Kemudian gogoh iwak, dan karnaval yang melibatkan semua masyarakat. Pada karnaval semua warga ikut terdiri 27 RT yang terbagi dalam 9 RW. Masing-masing mengelilingi jalan desa sekitar 5 kilo meter. Juga memperebutkan tropy bergilir serta diambil 3 terbaik. “Alhamdulillan semua warga kompak, dan terus mempererat persatuan dan kesatuan,” jelasnya.
Sri Susilowati yang memiliki jaringan anggota Koperasi di Desa Sidomulyo, akan terus mengembangkan dengan memperluas anggota terutama dalam pengolahan gula kristal dan minyak kelapa. Dengan meningkatkan pengolahan gula kristal dan minyak kelapa, akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat. Apalagi Desa Sidomulyo memiliki hasil kelapa yang mencukupi untuk diolah.  

Berita Terpopuler

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi
News

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi

Selasa, 18 Juni 2019

pemerintahan


Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa
News

Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa

Rabu, 19 Juni 2019

pemerintahan


Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan