Seputar Ekonomi

Pituruh Expo Angkat Produk Unggulan UMKM

Pituruh Expo merupakan media yang cukup efektif dalam rangka memperkenalkan produk-produk unggulan mitra binaan yang merupakan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM), agar dapat meningkatkan potensi usahanya. Dengan kegiatan ini juga diharapkan mampu memberikan wawasan yang lebih luas bagi UMKM untuk melakukan penjajagan situasi dan kondisi pasar.

“Kegiatan ini juga sebagai sarana pertemuan antara UMKM dengan konsumen maupun dengan pengusaha yang lebih besar atau investor,” kata Asisten Ekonomi dan Pembangunan Sekda Purworejo Drs Boedi Hardjono usai membuka Expo Pituruh, Selasa (14/8).

Menurutnya, kegiatan yang sudah berlangsung bertahun-tahun ini telah menjadi salah satu ciri atau ikon Kecamatan Pituruh, utamanya  dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI sekaligus untuk mengangkat produk lokal Kecamatan Pituruh.

“Atas nama Pemrintah menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerja keras masyarakat dan Pemerintah Kecamatan Pituruh yang untuk kesekian kalinya mampu menggelar event Pituruh Expo,” imbuh Budi.

Melalui Expo, lanjut Budi, pembangunan UMKM dapat terus diberdayakan.  Karena selain mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat, ternyata UMKM juga terbukti mampu bertahan dari berbagai macam krisis ekonomi.

“Pameran semacam ini perlu terus diadakan, guna mewujudkan dan mengembangkan pola kemitraan dalam bentuk keterkaitan usaha yang saling menunjang dan menguntungkan,” ujar Budi.

Camat Pituruh Siti Choiriyah SSTP MM menjelaskan, expo diselenggaran selain dalam rangka untuk menyambut hari kemerdekaan RI ke 73 sekaligus bisa untuk meningkatkan produk UMKM dan juga binaan dari UP2K termasuk dari binaan dari Dinas Sosial.

Choiriyah berharap agar instansi terkait dapat membantu, khususnya dalam hal penditribusian produk yang dihasilkan. Diharapkan dengan adanya Pituruh Expo ini nantinya produk-produk lokal yang ada di Pituruh dapat terus ditingkatkan.

“UMKM ada 35 stand, dari TP PKK, HIMPAUDI dan PPK Kecamatan Pituruh ada 38 an, total ada 73,” terang Choiriyah.

Pihaknya juga mensosialisasikan expo melalui media sosial. Sehingga diharapkan tidak hanya masyarakat Purworejo tetapi juga masyarakat Kebumen dan sekitarnya. Expo sendiri akan digelar selama tujuh hari mulai Selasa (14/8) hingga Senin (20/8).

“Selain pameran produk usaha dan kuliner, setiap hari juga akan ditampilan berbagai kesenian rakyat. Pada puncak acara akan ditutup dengan pagelaran wayang semalam suntuk,” imbun Choiriyah.

Dirinya juga berharap, kegiatan yang sudah dilaksanakan bertahun-tahun ini dapat terus dilestarikan dengan harapan UMKM khususnya di Pituruh dapat lebih dikenal.

Berita Terpopuler

Pituruh Expo Ikut Meriahkan HUT RI Ke 74
Seputar Ekonomi

Pituruh Expo Ikut Meriahkan HUT RI Ke 74

Senin, 19 Agustus 2019

Sambut hari kemerdekaan RI ke 74, Kecamatan Pituruh kembali menggelar Pituruh Expo 2019.