News

Periksa Kesehatan Gratis Bagi Pesenam

 

            Bupati yang diwakili Asisten administrasi dan Kesra Drs Muh Wuryanto MM mengatakan, kegiatan senam bersama sebagai bagian dari gerakan masyarakat hidup sehat (Germas). Seperti yang digencarkan pemerintah agar Germas bisa terus disosialisasikan, sehingga harapan masyarakat sehat bisa terwujud. “Bahkan kegiatan senam bersama bulan Agustus ini, ada tambahan pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis, bagi peserta senam,” tandas Wuryanto pada kegiatan olahraga bersama hari ini Jum’at (10/8).

            Peserta olahraga bersama melalui senam tersebut diikuti sekitar 500 peserta, yang juga tampak ikut senam Kepala Kejaksaan Negeri Purworejo Alex Rahman SH, unsur Forkopimda, Kepala dinas instansi, jajaran Kodim, jajaran Polres dan masyarakat.

Menurut Wuryanto, kegiatan senam selain untuk menyehatkan juga sebagai wahana untuk menjalin kebersamaan dengan semua elemen masyarakat. Dengan jasmani dan rohani yang sehat, maka akan mendukung dan bersemangat dalam melakukan aktifitas keseharian. “Untuk itu biasakan olahraga dimulai yang ringan seperti senam, jalan santai, maupun olahraga yang lain. Meski jadwal kerjanya padat, namun harus diimbangi dengan olahraga,” ujarnya.

Pada bagian lain Wuryanto menambahkan, peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI tingkat kabupaten Purworejo diagendakan berbagai kegiatan diantaranya, upacara detik-detik proklamasi, resepsi kenegaraan, tasyakuran, karnaval, renungan suci, berbagai lomba, dan sebagainya. Diharapkan masyarakat turut berperan serta dalam memeriahkan Peringatan Hari Kemerdekaan RI, termasuk memasang bendera merah putih disetiap rumah.

Sementara itu secara terpisah Kabid Pencegahan, Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL)  Dinkes Dr Darus menjelaskan, pelayanan pemeriksaan gratis ini meliputi tensi darah, berat badan, kadar lemak dalam tubuh, kadar air, kadar tulang, dan kadar otot. Periksa gratis ini sekaligus mensosialisasikan adanya program Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) untuk penyakit tidak menular.

“Posbindu disemua desa sudah ada beserta sarana prasarananya, juga di sejumlah dinas instansi. Posbindu mengarah pada pencegahan penyakit menuju hidup sehat, sedangkan senam ini merupakan kegiatan promosi kesehatan. Posbindu melayani pemeriksaan hipertensi (darah tinggi), diabetes melitus (gula darah), asam urat, dan sejenisnya. Jika pada pemeriksaan awal tidak ditemukan gejala penyakit, maka idealnya melakukan cek kesehatan rutin satu tahun sekali. Tapi kalau ditemukan indikasi penyakit bisa melakukan cek kesehatan setiap satu bulan sekali,” jelas Darus yang didampingi Kasi Kasi Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo Trio Darmaji.  

Berita Terpopuler

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi
News

Kampung KB Candisari Jadi Percontohan Tingkat Provinsi

Selasa, 18 Juni 2019

pemerintahan


Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa
News

Loano Launching Klinik Konsultasi Dana Desa

Rabu, 19 Juni 2019

pemerintahan


Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja
News

Siltap Akan Dibarengi Pengawasan Kinerja

Senin, 24 Juni 2019

pemerintahan