News

PKK Nilai Lomba Tabungan PBB di 16 Kecamatan

 

 

            Sejak TP PKK Kabupaten Purworejo menggerakkan masyarakat terkait tabungan untuk pelunasan pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) hingga kini mengalami peningkatan. Hampir disemua desa melalui kelompok PKK Dasa Wisma, tabungan PBB terlaksana dengan baik. Bahkan program PKK dalam tabungan PBB itu, mendapat apresiasi dan dukungan dari Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah (DPPKAD), berupa lomba administrasi tabungan PBB tingkat Kabupaten Purworejo.

            Hal tersebut diungkapkan Ketua TP PKK Ny Hj Fatimah Verena Prihastyari SE yang diwakili Ny Dra Harni Wuryanto. Hadir pula Ketua Poja I Ny Hartiti Soekoso, Sekretaris Ny Maini Widarto, Camat Bayan Khusaeri AP, Ketua TP PKK kecamatan Ny Yudani SPd, Kepala Desa Ketiwijayan Muhamad Nur Hudalloh, Ketua TP desa Ny Siti Nurhayati, dan sejumlah pengurus Pokja I Kabupaten.

Menurut Dra Harni Wuryanto, pelaksanaan lomba administrasi tabungan PBB dilakukan setiap tahun sekali, yang melibatkan tim penilai TP PKK kabupaten Pokja I dan BPPKAD bidang PBB. Tentu PKK sebagai mitra pemerintah, akan terus berperan dan berupaya dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Termasuk salah satunya melalui program tabungan PBB, yang diprakarsai TP PKK kabupaten Pokja I .

 “Diharapkan melalui lomba, akan semakin meningkatkan kesadaran masyarakat dalam membayar kewajibannya sebagai warga negara yang baik. Dengan lancarnya pembayaran PBB, maka akan memperlancar pula pelaksanaan pembangunan, karena perolehan PBB akan kembali kepada masyarakat untuk tujuan kesejahteraan. Alhamdulillah gerakan menabung pelunasan PBB semakin diminati, terutama pada kelompok PKK dasa wisma,” ujar Ny Hartiti Soekoso pada penilaian lomba di Desa Ketiwijayan Kecamatan Bayan (10/8).

Sementara itu Ny Hartiti Soekoso menjelaskan, penilaian lomba sudah dilaksanakan sejak pertengah Juli yang dilaksanakan di 16 kecamatan. Untuk Kecamatan Bayan yang dipusatkan di Desa Ketiwijayan ini, merupakan penilaian yang paling akhir. “Kemudian akan dilakukan rapat Tim Juri yang menentukan juara. Dari 16 kecamatan akan diambil tiga yakni juara I, II, dan III. Sedangkan penghargaan berupa piala, piagam, dan sejumlah uang pembinaan, akan diserahkan bersamaan dengan resepsi kenegaraan peringatan HUT ke 73 Kemerdekaan RI, di Pendopo Kabupaten Purworejo pada 17 Agustus Jum’at malam mendatang,” jelasnya.

Camat Khusaeri mengatakan, program tabungan PBB diwilayah Kecamatan Bayan berjalan dengan baik, dan sudah semua desa melaksanakan program tersebut. Untuk pembayaran PBB di Kecamatan Bayan sudah 50 persen lunas, InsyaAlloh akan 100 persen lunas sebelum jatuh tempo. “Desa Ketiwijayan merupakan juara I tingkat kecamatan lomba tabungan PBB sehingga mewakili lomba tingkat kabupaten. Juga Ketiwijayan akan maju lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Kab Purworejo,” paparnya.       

                

                  

Berita Terpopuler

Bupati Minta Kades Jangan Takut Gunakan Anggaran
News

Bupati Minta Kades Jangan Takut Gunakan Anggaran

Selasa, 03 September 2019

pemerintahan


SMKN 1 Juara Umum LKS Disiapkan Maju Provinsi
News

SMKN 1 Juara Umum LKS Disiapkan Maju Provinsi

Jumat, 06 September 2019

pemerintahan


Siap Sambut Wisatawan, Ribuan Penari Menari Dolalak Massal
News

Siap Sambut Wisatawan, Ribuan Penari Menari Dolalak Massal

Sabtu, 14 September 2019

Dalam rangka menyambut tahun kunjunga wisata tahun 2020 atau romansa Purworejo 2020, Pemkab Purworej....