News

Pramuka Kwarcab Purworejo Berprestasi Di Tingkat Jateng

Pramuka Kwarcab Purworejo mencatatkan prestasi pada lomba yang dikemas dalam Gladi Widya Cakra Adhibirawa tingkat Kwarda Jawa Tengah. Kegiatan lomba yang dipusatkan di Bumi Perkemahan Karanggeneng Kabupaten Semarang (5/8) itu, Kwarcab Purworejo mengirimkan dua kontingen. Yakni regu putra dari Pramuka Penegak SMKN I dan regu putri dari SMAN 5. Kedua regu meraih juara I dan juara umum.

            Perolehan prestasi tersebut disampaikan Wakil Ketua Bidang Pembinaan Pemuda (Binamuda) Gerakan Pramuka Kwarcab Purworejo Soekoso DM SPd, di Sanggar Bhakti Pramuka, kemarin yang didampingi Waka Bidan Humas dan Abdimas Gentong Sumharjono S.Sos MM.

            Menurut Sokeoso, Pramuka SMKN I meraih 5 kemenangan menduduki juara 1 hingga harapan 3 dan SMAN 5 dinyatakan sebagai juara umum dengan meraih 4 kemenangan pada juara 1 hingga juara 3.  Sebelum dikirim ke Semarang, terlebih dulu dilakukan seleksi di tingkat Kwarcab. “ Kegiatan Gladi Widya Cakra Adhibirawa, merupakan program Kwarda Jateng sebagai bentuk perlombaan keterampilan tingkat penegak,” tuturnya.

Dijelaskan, dalam kegiatan tersebut merupakan lomba gabungan antara ketrampilan dan kebudayaan. Tentunya sangat bagus yang mengarah pada pendidikan karakter. Seperti melatih kemandirian, kepedulian dengan sesama, kerjasama anggota dalam satu kontingen. Termasuk juga ada beberapa lomba yang dilakukan secara perorangan. Penilaiannya sangat detail dan obyektif, sehingga yang juara benar-benar memiliki kompetensi yang baik.

“Hasil prestasi ini, tentu juga tidak lepas dari bimbingan Kepala Sekolah melalui kegiatan extra kurikuler Kepramukaan. Harapannya ini sebagai pemicu semangat, bagi semua sekolah untuk bisa berprestasi melalui kegiatan Pramuka. Termasuk peran Pramuka Kwarcab Purworejo yang melakukan pembinaan pelatihan dll,” harap Sokeoso saat diwawancara.  

Sementara itu Kepala Sekolah SMKN I Purworejo Budiyono MPd dan Kepala Sekolah SMAN 5 Purworejo Drs Wicaksono Agus Purnomo yang masing-masing mengaku bangga atas prestasi yang diperoleh, terutama untuk terus mensuport siswa siswi yang lain dalam mengikuti kegiatan extra kurikuler kepramukaan.

Sedangkan kemenangan Regu putra SMKN I antara lain, Juara 1 Karya Cipta Pramuka, Juara Harapan 1 Perpetaan, Juara Harapan 3 Pionering, Juara Harapan 3 Ngadi Saliro Ngadi Busono dan Harapan 3 Semboyan. Untuk Regu putri yang menjadi juara umum bisa mendapatkan nomor di beberapa lomba seperti Juara 2 Perpetaan, Juara 2 Pionering, Juara 3 Menaksir, dan Juara 3 Ngadi Saliro Ngadi Busana.

 

Berita Terpopuler

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah
News

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah

Kamis, 28 Februari 2019

pemerintahan


Pramuka Agar Teladani Baden Powell
News

Pramuka Agar Teladani Baden Powell

Selasa, 26 Februari 2019

pemerintahan


Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota
News

Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota

Selasa, 05 Maret 2019

pemerintahan