Seputar Pembangunan

Embung Desa Semawung Bisa Jadi Destinasi Wisata Baru

Bupati Agus Bastian SE MM menyambuat baik hadirnya embung yang sedang dibangun di Desa Semawung Kecamatan/Kabupaten Purworejo. Diharapkan dengan hadirnya embung tersebut, selain untuk memenuhi kebutuhan air, juga dapat dimanfaatkan dan dikebangkan sebagai destinasi wisata.

“Saya berharap Desa Semawung mampu untuk menumbuhkan hasrat masyarakat untuk membuat desa ini menjadi salah satu desa wisata. Apalagi dengan hadirnya Bandara NYIA, diharapkan pada saatnya nanti kita siap memanfaatkan hadirnya Bandara tersebut,” kata Bupati usai sarasehan bersama Bupati dalam kegiatan Bupati Saba Desa di Desa Semawung Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Senin (6/8).

Seperti diketahui, Desa Semawung menjadi salah satu dari dua desa yang diberi bantuan berupa pembangunan Embung oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Pada penyelenggaraan kegiatan Bupati Saba Desa edisi kesembilan tahun 2018, Desa Semawung terpilih menjadi tuan rumah yang berlangsung Senin (6/8) hingga Selasa (7/8). Berbagai kegiatan telah disiapkan oleh Desa Semawung dalam rangka menyambut orang nomor satu di Purworejo tersebut.

Sebelum tiba di Desa Semawung, Bupati yang hadir didampingi Kapolres Purworejo AKBP Teguh Tri Prasetyo SIK, Sekda Purworejo dan sejumlah Pimpinan OPD meninjau sejumlah kantor Kelurahan. Yakni Kelurahan Cangkrep Lor, Kelurahan Cangkrep Kidul dan Kelurahan Kedungsari.

Bupati juga menyempatkan hadir di Desa Wonoroto guna meresmikan Gedung Paud yang dibangun di komplek sekolah SD Wonoroto. Dalam kunjungan tersebut, Bupati dan rombongan juga meninjau sejumlah produk home industri warga desa.

Setibanya di Desa Semawung, Bupati dan rombongan  disambut meriah oleh masyarakat desa Semawung dengan iringan Drum Band anak SD Semawung. Iringan tarian Kuda Lumping juga ikut mengiringi kedatangan Bupati Purworejo beserta rombongan.

Seperti pada kegiatan Saba Desa sebelumnya, Bupati juga singgah dan beristirahat di rumah salah satu warga yang kondisi rumahnya cukup sederhana. Bupati juga sempat sholat maghrib berjamaah bersama warga di salah satu mushola.

Dirumah tersebut Bupati dan Kapolres beramah tamah dengan pemilik rumah dan warga sekitar, sembari menyantap hidangan dan makanan sederhana khas pedesaan.

Pada kesempat itu, bupati juga memberikan bantuan berupa televisi beserta parabola kepada pemilik rumah. Melihat kondisi rumah, bupati juga meminta kepada perangkat desa agar rumah tersebut dapat diusulkan agar dapat diperbaiki.

Pada kegiatan saba desa kali ini, juga digelar berbagai kegiatan, seperti sarasehan, jalan sehat, penebaran benih ikan dan penanaman pohon di lokasi embung.

Bupati berharap dengan kegiatan Bupati Saba Desa ini dapat melihat secara langsung keadaan pembangunan didesa sekaligus mendengarkan aspirasi masyarakat desa setempat.

“Kita ingin tahu apa sebetulnya yang dibutuhkan oleh warga masyarakat. Sehingga kita bisa memprogramkan dan menganggarkan sesuai dengan apa yang dibutuhkan dari setiap desa yang kita kunjungi,” terang Bupati.

Pada hari kedua saba desa, Selasa (78) pagi, Wakil Bupati Yuli Hastuti  SH melepas jalan sehat yang diikuti ratusan warga setempat. Wabup juga menanam pohon ayoman di lapangan olaharaga yang baru dibuat berdekatan di area pembangunan embung.

Diakhir kegiatan saba desa di Desa Semawung, dilakukan penebaran ribuan benih ikan nila disungai mbabrik. Usai menebar ikan, Wabup juga menyempatkan melihat seklaigus memanen sayuran hasil beberapa tanaman organik yang dikembangkan oleh warga setempat.

 

 

Berita Terpopuler

UPK DAPM Bangun Lapak Pedagang RTM Ketawangrejo
Seputar Pembangunan

UPK DAPM Bangun Lapak Pedagang RTM Ketawangrejo

Kamis, 08 Agustus 2019

Bupati Purworejo yang diwakili Asisten Ekonomi dan Pembangunan (Asisten II) Sekda Purworejo Drs Boed....