News

Warga Pituruh Meriahkan Grebeg Kampung

Masyarakat tumpah ruah di halaman Kecamatan Pituruh, meramaikan berbagai kegiatan yang dikemas dalam grebeg kampung. Dari mulai anak-anak, dewasa hingga orang tua bercampur baur mengikuti grebeg kampung antara lain digelarnya tari tradisional cingpoling, lomba masak non beras, senam bersama, lomba mewarnai, dan lomba menggambar. Kegiatan grebeg kampung dibuka Ketua TP PKK Kabupaten Purworejo Ny Hj Fatimah Verena Prihastyari SE.

            Kegiatan seharian yang digelar di halaman Kecamatan Pituruh pada (6/8) tersebut, juga dihadiri Camat Pituruh Siti Choeriyah SSTp beserta Muspika, dan turut mendampingi sejumlah pengurus PKK kabupaten Ny Hartiti Soekoso, Ny Maini Widarto, Ny Endang, dan Ny Wardani. Pada kesempatan itu juga ada peninjauan lomba mewarnai dan lomba masak.

            Dalam sambutannya Ny Fatimah verena Prihastyari mengapresiasi pelaksanaan grebeg kampung yang mencakup berbagai kegiatan. Utamanya melibatkan peran masyarakat dalam ikut mendukung pembangunan. Salah satunya dengan pemberdayaan masyarakat yang diikuti anggota PKK dalam bentuk lomba memasak makanan tradisional, senam sehat, dll. Tentu kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk terus berkreasi.

            Apalagi lanjut Ny Fatimah, dalam waktu beberapa tahun lagi akan beroperasi bandara baru yogyakrta yang letaknya berhimpitan dengan sisi selatan wilayah Kabupaten Purworejo. Maka harus kita respon dengan kegiatan-kegiatan yang memungkinkan perbaikan pendapatan masyarakat. Tidak saja mengembangkan sumberdaya manusia namun juga perlunya sumberdaya alam.

“Siapkan untuk menggali kemampuan dan juga memoles daerah untuk kesejahteraan masyarakat. Supaya kita tidak hanya jadi penonton tetapi menjadi bagian penting di dalamnya untuk peningkatan perekonomian daerah.  Potensi-potensi lokal desa atau kecamatan yang unik dan menarik yang berbentuk kesenian, kerajinan tangan sampai dengan kuliner atau jenis makanan, dapat menjadi pendukung kepariwisataan,” harap Ny fatimah.

Sementara itu Camat pituruh Siti Choeriyah menjelaskan, kegiatn grebeg kampung ini sekaligus dalam rangka peringatan HUT ke 73 Kemerdakaan RI tingkat kecamatan Pituruh. Sekitar 1000 warga masyarakat Kecamatan Pituruh turut dalam kegiatan ini. “Selain grebeg kampung, juga akan diadakan expo dan pagelaran kesenian tradisional Kethoprak. Ini sebagai upaya untuk menjalin kebersamaan dengan masyarakat, karena masyarakat adalah bagian penting dalam pembangunan,” jelas Cica panggilan akrab Siti Choeriyah.    

           

 

 

Berita Terpopuler

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah
News

Hari Jadi ke 188 Sesuai Kajian Sejarah

Kamis, 28 Februari 2019

pemerintahan


Pramuka Agar Teladani Baden Powell
News

Pramuka Agar Teladani Baden Powell

Selasa, 26 Februari 2019

pemerintahan


Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota
News

Kereta Kencana Pendopo Dikirabkan Kelilingi Kota

Selasa, 05 Maret 2019

pemerintahan